Implementasi Pembelajaran STEAM terhadap Kemampuan Ecoliteracy Anak Usia Dini di TK Pelangi Nusantara Kabupaten Kediri

  • Irma Nur Miyanti Universitas Negeri Malang
Keywords: STEAM, Ecoliterasi, AUD

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk meneliti implementasi pembelajaran steam terhadap kemampuan ecoliteracy anak usia dini di TK Pelangi Nusantara Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang berusaha untuk menyampaikan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Formulasi, implementasi dan evaluasi Strategis Pembelajaran STEAM terhadap kemampuan ecoliteracy pada anak usia dini sudah cukup baik, hal tersebut terlihat dari kesiapan sarana prasarana, ketenagaan/SDM, kesiapan kurikulum dan kesiapan orangtua untuk melakukan koordinasi dengan para guru.

References

Aisyah,Siti, M. A. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (21 ed.). Jakarta, Jakarta: Universitas Terbuka, 2017.

Arga, Hana Sakura P. Application Of Project Based Learning Models To Improve Ecoliteracy Of Elementary School Students Through Urban Farming Activities. Journal of Elementary Education Volume 2, Number 2, September 2018.

Arifinur. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Atabik, 2019.

Ahmad & Ahmad Burhanuddin. Prinsip dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol. 3 No. 2 Tahun 2015.

Augusta. 2012. Pengertian Anak Usia Dini. Diambil dari http://infoini.com/pengertian anak usia dini diakses tanggal 03 April 2021.

Bachri, B. S. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. 10(1), 46–62, (2010).

Bhojanna, U. Research Methodology. Budhiman, A. (n.d.). Penguatan Pendidikan Karakter. 22. 2012.

Bureekhampun, S., & Mungmee, T. A Study of STEAM Education Patterns to Design Activities for Children at Age 6. Journal for the Education of Gifted Young Scientists. https://doi.org/10.17478/jegys.775835, 2020.

Chen, W., Tang, X., & Mou, T. Course design and teaching practice in STEAM education at distance via an interactive e-learning platform: A case study. Asian Association of Open Universities Journal, 14(2), 122– 133. https://doi.org/10.1108/AAOUJ-07-2019-0027, 2019.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. Research methods in education (6th ed), 2007.

Routledge. Creswell, jhon. Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran), 2019.

Gunawan, Pria. Ernawati, Agustina and Hasnawati, Hasnawati and Asmar, Syaiful and Masdafi, Masdafi and Rusdiana, Rusdiana and Amrullah, Fitriani. Panduan pembelajaran STEAM dengan pendekatan saintifik mencuci perca kain (modul pembelajaran STEAM pendekatan saintifik). Manual. BP PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan, Makasar, 2019.

Gunawan, I. Pendidikan Karakter. Alfabeta, 18. Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. 22(1), 6, 2012.

Hee Kim, Bang, Jinsoo Kim. Development and Validation of Evaluation Indicators for Teaching Competency in STEAM Education in Korea. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education Vol. 12 No.7, 2016.

Published
2024-06-05
Section
Artikel