Efektivitas Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Sains terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektivitas dari penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif. Jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental. Design terdiri dari pretest, treatment dan posttest untuk mengetahui bagaimana penerapan discovery learning dan adakah keefektifan metode tersebut dalam pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia dini Kelompok B RA Mambaul Ulum Wedoroanom. Hasil rata-rata kemampuan kognitif anak sebelum penggunaan metode tersebut sebesar 29,29 sedangkan kemampuan kognitif anak sesudah penggunaan metode tersebut sebesar 49,43 menunjukkan adanya perkembangan kemampuan kognitif anak sesudah diberikan perlakuan menggunakan metode discovery learning dan hasil Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, dinyatakan discovery learning dalam pembelajaran sains berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak kelompok di RA Mambaul Ulum Wedoroanom Driyorejo Gresik.
References
Baharuddin, B. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Ar-Ruzz Media, 2017.
Istikomah -, Hartono -, & Rusilowati, A. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Discovery Learning Untuk Pemahaman Sains Pada Anak TK B. Journal of Primary Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jpe.v2i2.3064, 2013.
Izzuddin, A. Sains dan Pembelajarannya pada Anak Usia Dini. Bintang, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.36088/bintang.v1i3.714, 2019.
Kementerian Pendidikan Dan. Model pembelajaran penemuan (discovery learning). Jakarta PT Prenadamedia Group, 2013.
Mahfud, M. Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis Kecerdasan Majemuk di KB-RA Al-Azhar Gresik. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v1i1.178, 2020.
Munawarah, S. Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 106–116, 2021.
Nafi’ah, J., & Mahfud, M. Pengaruh Bermain Hopschotch Modification Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A Di Ra Al-Azhar Menganti. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.580, 2022.
Nuh, M. Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kemdikbud.Go.Id. https://www.paud.id/download-permendikbud-137-tahun-2014-standar-paud/, 2014.
Safira, A. R., & Ifadah, A. S. Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Caremedia Communication, 2020.
Sari, D. D. P., & Rohman, A. Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1070–1079, 2022.
Sari, Ita Wulan, and Miftahul Jannah. "Pengaruh Alat Permainan Montessori terhadap Keterampilan Berfikir Logis Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023): 121-135.
Sholeha, V. Efektivitas metode guided discovery pada pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26680, 2019.
Susanto, A, Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara, 2021.
Ulfa, Maria. "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AMAL INSANI YOGYAKARTA." AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2.2 (2022): 70-84.
Wafa, Moh Ali. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022): 39-51.
Yafie, E., & Sutama, I. W. Pengembangan Kognitif (Sains pada Anak Usia Dini). Universitas Negeri Malang, 2019.
Zakiyyah, Onik, Imamatus Solehah, and Siti Aprilia. "Strategi Peningkatan Disiplin Belajar pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Azhary." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022): 65-76.
Copyright (c) 2024 Novita Widiyaningrum, Siti Mufarochah, Tiyas Ayu Sampurni
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
- Semua artikel yang termuat dalamJournal Of Early Childhood And Islamic Education dilindungi oleh Undang-Undang dan dilarang mengutip atau mengkopi artikel untuk kepentingan komersial tanpa persetujuan editor jurnal .
- Jika anda menemukan beberapa artikel yang diterbitkan di Journal Of Early Childhood And Islamic Education yang berpotensi melanggar hak cipta, silahkan bisa menghungi kami melalui kontak yang tersedia.
- Aspek hukum dan legal formal artikel di Journal Of Early Childhood And Islamic Education terlisensi oleh
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi yang termuat di Journal Of Early Childhood And Islamic Education bersifat akademis, sehingga pengelola Journal Of Early Childhood And Islamic Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat dari penyalahgunaan informasi dari jurnal ini.