Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar terhadap Literasi Baca Tulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Tunas Bangsa 02 Sadabumi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak media buku cerita bergambar pada kemampuan literasi anak usia 4-5 tahun di PAUD Tunas Bangsa 02 Sadabumi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Metode quasi-eksperimental, yang menggunakan desain pra-test-posttest dengan satu kelompok yang diimplementasikan dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 19 anak usia 4-5 tahun PAUD Tunas Bangsa 02 Sadabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asymp.sig, (2) dengan nilai adalah 0.008. berdasarkan hasil tersebut diperoleh bahwa media cerita bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi baca tulis anak usia 4-5 tahun dalam nilai seg 0,008 > 0,05.
References
Dharma, A. “Pengembangan buku cerita anak bergambar dengan insersi budaya lokal bali terhadap minat baca dan sikap siswa kelas v sd kurikulum 2013”. Journal for Lesson and Learning Studies, 2019.
Farodhy, T, Y,.& Utami,N,R. Pengaruh media cerita bergambar terhadap kemampuan literasi awal anak usia 4-5 tahun”. Jurnal Skripta, 2019.
Guslinda, dkk. Media pembelajaran anak usia dini. Surabaya. Jakad Publishing, 2022.
Kissandi, A, D, S. Merancang buku cerita bergambar : sebagai media membaca anak yang berkarakter. Yogyakarta. Sanata Dharma University Press, 2019.
Ngura, E, T. Media buku cerita bergambar : upaya meningkatkan kemampuan bercerita dan sosial anak. Yogyakarta. Jejak Pustaka, 2022.
Ratnasari, E, M.&Zubaidah,E. “Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak”. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.
Rizkiyah, P,.&Ningrum, M, A. “Pengembangan buku cerita bergambar digital untuk meningkatkan kecakapan literasi digital anak usia dini”. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2022.
Safira, A, R. Media pembelajaran anak usia dini. Jawa Timur. Caremedia Communication, 2022.
Safitri, D,.& Lestariningrum, A. "Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun". Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2022.
Samosir, G, M,.& dkk. “Pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pada anak usia 4-5 tahun di tk matahari Palembang”. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2023.
Saryono, D, dkk. Materi pendukung literasi baca tulis. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Copyright (c) 2024 Kuswinah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
- Semua artikel yang termuat dalamJournal Of Early Childhood And Islamic Education dilindungi oleh Undang-Undang dan dilarang mengutip atau mengkopi artikel untuk kepentingan komersial tanpa persetujuan editor jurnal .
- Jika anda menemukan beberapa artikel yang diterbitkan di Journal Of Early Childhood And Islamic Education yang berpotensi melanggar hak cipta, silahkan bisa menghungi kami melalui kontak yang tersedia.
- Aspek hukum dan legal formal artikel di Journal Of Early Childhood And Islamic Education terlisensi oleh
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi yang termuat di Journal Of Early Childhood And Islamic Education bersifat akademis, sehingga pengelola Journal Of Early Childhood And Islamic Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat dari penyalahgunaan informasi dari jurnal ini.