Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Teknik Membutsir dari Tanah Liat pada Kelompok B di RA Al Falah Genteng Banyuwangi
Abstract
Teknik membutsir dari tanah liat merupakan pembelajaran yang dilakukan sesuai tema, dengan membentuk dan membutsir dari tanah liat yang sudah dilunakkan yang sengaja dibuat dari bahan alam bukan seperti play-doh atau plastisin. RA Al Falah sudah melaksanakan pembelajaran teknik membutsir dari tanah liat sesuai dengan tema pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan Kreativitas anak sangat penting untuk melatih imajinasi dan daya kreativitas anak dengan cara membebaskan anak berkreasi untuk menciptakan hasil karya sehingga anak dapat menghargai karya orang lain, Proses mengembangkan teknik membutsir dari tanah liat yaitu, mengenalkan alat dan bahan, memperagakan cara melunakkan tanah liat, guru membuat kelompok menjadi lingkaran dan memberi arahan dan cara untuk teknik membutsir.
References
Evan Sukardi dan Hajar Pamadhi, Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.
Fakhir Diana Vidya, Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, Universitas Islam Madura Vol. 4 No. 2, Desember 2016.
Hajar Pamadhi dan Evan Sukardi , Seni Keterampilan Anak, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.
Ibrahim, Metodologi Penelitian Kualitatif, ( Bandung : ALFABETA, 2018),59 Johni Dimyati, Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya. Jakarta :KENCANA, 2014.
Lestaningrum and Ardani, Bermain Dan Permainan, Jurnal Penelitian Pendidikan Karakter Anak, Universitas Islam Negeri Yogyakarta Vol. 7 No.3, Oktober 2019.
Masganti Sit, dkk., Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Moleong, Lexy , Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Mulyani Novi, Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media, 2018.
Munandar, Metode Kreativitas anak. Jakarta: Universitas Terbuka, 2004.
Mundir, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Jember : Stain Press, 2013.
Peraturan menteri pendidikan dan Kebudayaan, Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, 2014.
Putri,Rizki Artika Meningkatkan kreativitas anak melalui teknik membutsir menggunakan tanah liat pada kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Bengkulu. Skripsi, Universitas Bengkulu, 2014.
Rofian, “Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar”, Malih Peddas, Vol.6 No.2, 2016.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta, 2017.
Sujarwo Kartini, Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan
Kreativitas Anak Usia, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat,Vol. 1 No.2. November 2014.
Sulistianto, Strategi Kreativitas untuk anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Utami Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Sari, Ita Wulan, and Miftahul Jannah. "Pengaruh Alat Permainan Montessori terhadap Keterampilan Berfikir Logis Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023): 121-135.
Ulfa, Maria. "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AMAL INSANI YOGYAKARTA." AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2.2 (2022): 70-84.
Wafa, Moh Ali. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022): 39-51.
Zakiyyah, Onik, Imamatus Solehah, and Siti Aprilia. "Strategi Peningkatan Disiplin Belajar pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Azhary." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022): 65-76.
Copyright (c) 2024 Ria Octa Viani
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
- Semua artikel yang termuat dalamJournal Of Early Childhood And Islamic Education dilindungi oleh Undang-Undang dan dilarang mengutip atau mengkopi artikel untuk kepentingan komersial tanpa persetujuan editor jurnal .
- Jika anda menemukan beberapa artikel yang diterbitkan di Journal Of Early Childhood And Islamic Education yang berpotensi melanggar hak cipta, silahkan bisa menghungi kami melalui kontak yang tersedia.
- Aspek hukum dan legal formal artikel di Journal Of Early Childhood And Islamic Education terlisensi oleh
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi yang termuat di Journal Of Early Childhood And Islamic Education bersifat akademis, sehingga pengelola Journal Of Early Childhood And Islamic Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat dari penyalahgunaan informasi dari jurnal ini.