Analisis Karakteristik Anak Bekrebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah PAUD Harsya Ceria Banda Aceh
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik anak berkebutuhan khusus yang mengidap autisme disekolah paud Harsya Ceria. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dengan desain penelitian desain riset kualitatif yang digunakan untuk mengetahui karakteristik anak autis. Subjek dalam penelitian ini yaitu Aisyah yang berumur 4 tahun dan menderita autis dan guru yang mendidik Aisyah. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Perkembangan kognitif anak autis usia 4 tahun memiliki karakteristik khsusus dan identik. Aisyah memiliki tingkat autis yang ringan dan sedang dapat belajar dengan cara yang Sistematis (berfikir terlebih dahulu sebelum mengerjakan), tetapi daya ingat yang dimilikinya masih terbilang lemah sehingga sulit untuk mengingat angka dan huruf yang pernah dipelajari.
References
Aprilia, T., Nanik, Y., Senny, W.D.S. Analisis Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Autisme Usia 5-6 Tahun, Research and Development Journal Of Education. 7(2), 504-510. 2021.
Atmaja, R.J. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Bening, T.P., dan Khamim, Z.P. Upaya Pemberian Layanan Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Non-Inklusi. Jurnal Basicedu: 6(5), 9096-910, 2021.
Fauziah. Perkembangan Kognitif Anak. Sulawesi Tengah: CV Feniks Muda Sejahtera, 2022.
Juariyah, S., dan Supardi. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Perkembangan Anak PAUD Nusa Mandiri Satu Kabupaten Sukabumi (Studi Antara Anak Autis Dengan Anak Pasif). Research and Development Journal Of Education. 7(2), 504-510, 2021.
Kartika, Erni, C., dan Sopian, H. Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Interaksi Sosial Anak Autisme di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Pangkalpinang. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan. 14(4), 170-177, 2023.
Maria. Bermain Anak Usia Dini Uwais Inspirasi. Jawa Timur: Uwais Rustiyarso, 2020.
Matara. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2023.
Noktah dan Sulyandari. Perkembangan Kognitif Dan Bahasa Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher, 2020.
Saputri, M.A., Nansi, W., Siska, A.L., Uswatun, H. Ragam Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1), 38-53, 2023.
Sari, Ita Wulan, and Miftahul Jannah. "Pengaruh Alat Permainan Montessori terhadap Keterampilan Berfikir Logis Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023): 121-135.
Sitompul, L.B., dan Desi, R.M. Kemampuan Identifikasi Dini Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3), 7075-7080, 2021.
Ulfa, Maria. "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AMAL INSANI YOGYAKARTA." AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2.2 (2022): 70-84.
Wafa, Moh Ali. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022): 39-51.
Zakiyyah, Onik, Imamatus Solehah, and Siti Aprilia. "Strategi Peningkatan Disiplin Belajar pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Azhary." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022): 65-76.
Copyright (c) 2024 Zuhratul Muna, Mahdalevia, Ulya Fatiya; Hijriati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
- Semua artikel yang termuat dalamJournal Of Early Childhood And Islamic Education dilindungi oleh Undang-Undang dan dilarang mengutip atau mengkopi artikel untuk kepentingan komersial tanpa persetujuan editor jurnal .
- Jika anda menemukan beberapa artikel yang diterbitkan di Journal Of Early Childhood And Islamic Education yang berpotensi melanggar hak cipta, silahkan bisa menghungi kami melalui kontak yang tersedia.
- Aspek hukum dan legal formal artikel di Journal Of Early Childhood And Islamic Education terlisensi oleh
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi yang termuat di Journal Of Early Childhood And Islamic Education bersifat akademis, sehingga pengelola Journal Of Early Childhood And Islamic Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat dari penyalahgunaan informasi dari jurnal ini.