Analisis Pembelajaran Anak Down Syndrome terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Rumoh Terapi Tabina Banda Aceh

  • Ika Nurzahra UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Hijriati UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Della Difa UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Yuliana UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Down syindrome, Bahasa anak

Abstract

Down Syndrome ialah salah satu kategori Anak Berkebutuhan Khusus dengan kelainan genetik yang disebabkan oleh kelebihan kromosom 21 pada tubuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran anak Down Syndrome terhadap perkembangan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Anak Down Syndrome memiliki kebutuhan dan potensi yang unik. Meskipun menghadapi tantangan dalam perkembangan bahasa, mereka mampu menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi penting. Dukungan yang sesuai, seperti terapi wicara dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan, penting untuk membantu mereka mengatasi hambatan tersebut. Strategi pembelajaran yang individual, interaktif, dan bermain menjadi kunci dalam memberikan pendidikan yang efektif bagi anak-anak dengan Down Syndrome. Meskipun mungkin mengalami pola perilaku repetitif, mereka tetap mampu berinteraksi dengan lingkungan mereka dengan dukungan yang tepat. Komunikasi yang efektif tidak hanya meningkatkan interaksi sehari-hari, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

References

Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11 (1): 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61, 2017.

Dayana, Indah Putri. “Journal of Special Education Lectura Perkembangan Bahasa Anak Down Syndrome.” Journal of Special Education Lectura 1 (1): 24–28. https://journal.unilak.ac.id/index.php/JSELectura/about, 2023.

Hasugian, Lasmawati, M Rusydi Ahmad, and Kukuh Elyana.“ADJEKTIVA Educational Languages and Literature Studies Analisis Pola Bunyi Bahasa Siswa Penyandang Down Syndrome Di SLB Untung Tuah Samarinda” 5 (1): 19–24, 2022.

Julianto Indra Rasyid, Umami Annisa Sauvika. “Kajian Psikolinguistik Kemampuan Komunikasi Anak Down Syndrome Yang Tergolong Mampu Latih.” Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia 2 (2): 39–47. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i2.1968, 2022.

Mappasere, Stambol A, and Naila Suyuti. Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial. Vol. 33, 2019.

Mayasari, Novi. “Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita Dengan Tipe Down Syndrome.” Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak 14 (1): 111–34. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2847, 2019.

Renawati, Rudi Saprudin Darwis, Hery Wibowo. “Interaksi Sosial Anak Down Syndrome Dengan Lingkungan Sosial (Studi Kasus Anak Down Syndome Yang Bersekolah Di Slb Pusppa Suryakanti Bandung).” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (2): 252–56. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14341, 2017.

Ririn Amaliah Putri Sarah, Neviyarni S. “Perkembangan Siswa Berkebutuhan Khusus Dan Siswa Yang Tidak Biasa Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6 (4): 938–45. https://doi.org/10.5281/zenodo.4316065, 2020.

Sari, Ita Wulan, and Miftahul Jannah. "Pengaruh Alat Permainan Montessori terhadap Keterampilan Berfikir Logis Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023): 121-135.

Soewondo, Willyanti. “Pendidikan Kesehatan Gigi Untuk Penyandang Sindrom Down.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (3): 55–58, 2019.

Ulfa, Maria. "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AMAL INSANI YOGYAKARTA." AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2.2 (2022): 70-84.

Waruwu, Marinu. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (1): 2896–2910, 2023.

Wafa, Moh Ali. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022): 39-51.

Zakiyyah, Onik, Imamatus Solehah, and Siti Aprilia. "Strategi Peningkatan Disiplin Belajar pada Siswa Madrasah Aliyah‎ Al-Azhary." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022): 65-76.

Published
2024-06-05
Section
Artikel