STRATEGI REKRUTMEN PESERTA DIDIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUANTITAS PESERTA DIDIK DI SMK JAIFAQ SAMPANG

  • Siti Farida IAI Nazhatut Thullab Sampang
  • Miftahul Jannah Syarifah IAI Nazhatut Thullab Sampang
  • Onik Zakiyyah STAI Muafi Sampang
  • Abdullah STAI Muafi Sampang
Keywords: Rekrutmen, Kuantitas Peserta Didik

Abstract

Daya saing lembaga menjadi wacana dalam dunia pendidikan, menyadari hal tersebut, SMK JAIFAQ Sampang berupaya melakukan berbagai macam strategi di segala bidang. Berdasarkan data empiris, menunjukkan bahwa jumlah peserta didik di SMK JAIFAQ sejak tahun berdiri 2015 sampai tahun 2022 menunjukkan angka kenaikan yang signifikan. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka terdapat dua fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana perencanaan dan pelaksanaan serta hambatan dalam perekrutan siswa di SMK JAIFAQ. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan termasuk dalam kategori penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi yang diberikan meliputi kepala sekolah, tenaga kependidikan, tenaga pendidik, wali murid, dan siswa SMK JAIFAQ Sampang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan rekrutmen siswa di SMK JAIFAQ telah dilaksanakan sesuai prosedur yang direncanakan. Pihak sekolah melakukan rapat pembentukan panitia PPDB yang dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat seperti pembagian brosur dan pemasangan spanduk di perempatan menuju sekolah. Pelaksanaan rekrutmen di SMK JAIFAQ dengan melakukan beberapa kegiatan diantaranya mengaktifkan OSIS, setiap santri diwajibkan membawa 10 brosur yang harus dibagikan di daerah masing-masing ketika libur sekolah serta membuat produk yang hasilnya dijual melalui bazar. Hambatan yang dihadapi oleh SMK JAIFAQ dalam pelaksanaan rekrutmen adalah belum optimal menggunakan media sosial yang dimiliki oleh SMK JAIFAQ Sampang.

References

Adri Efferi, "strategy for recruiting new students to increase competitive advantage at Ma Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus" IAIN Kudus Indonesia Journal, Vol. 14, No 1, (2019).

Eko Budiywono 1 , Liya Kholifatus Sholihah, Strategy for Recruitment of New Students During the Covid-19 Pandemic at Darussalam Vocational School, Darussalam Islamic Education Management Journal (2021).

Hasanah, Uswatun. "Pengaruh Media Flipchart terhadap Perilaku Helping Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Muta'allimin Desa Bajur Waru Pamekasan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).

Herman Sofyandi. Human Resources Management. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

Insani, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jl. Evakuasi, Gg, Langgar, Cirebon, 2021).

Juhaeti. Yusuf, Himmah Spiritual Sebagai Alternatif Penegakan Disiplin Dalam Program Manajemen Peserta Didik, E, Yogyakarta, 2019.

Muhamad Suhardi, Manajemen Peserta Didik, (Lingkungan Handayani, Leneng, Praya, Lombok Tengah, NTB 2022.

Muhammad Ramdhan, Metode Penelitian, (Surabaya : Cipta Media Nusantara), 2021.

Nia Daniati, Manajemen Rekrutmen Peserta Didik, Jurnal Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung (JMP ID) 2021.

Nur Faizah, Rekrutmen Dan Seleksi Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 10 Kota Jambi, Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 2019.

Nur Indah Sari Muslim, Strategi Rekrutmen Dan Seleksi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Tesis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2019.

Ristaulina Verdiyani, Analisis Animo Masyarakat Dalam Memilih Sekolah Anak Di Sd Wuluhadeg Dan Sdit Assalaam, Mahasiswa PGSD/PGSD FIP Universitas Negeri Yogyakarta 2016.

Sari, Ita Wulan, and Humaidi Hambali. "Implementasi Metode Resitasi dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Kelas VIII SMP 07 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).

Ulfa, Maria, Maya Fadhilaturrohmah, and Faruzda Lailatil Izzati. "Hubungan Kompetensi Pedagogik terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 1 Sepulu." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).

Wafa, Moh Ali. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).

Yusup,dan Abdul Qodir., Manajemen Peserta Didik, Jln. Kol. Nuh. Desa Airlangga 2021.

Zakiyyah, Onik. "Pendidikan Agama bagi Anak melalui Metode Bercerita di TK Roudlotus Shibyan Plosobuden Deket Lamongan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).

Published
2023-11-25
Section
Artikel