UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI KARTU ANGKA VARIASI DI KELOMPOK B TK AQRA ATIKAH PALEMBANG

  • Mery Idayanti Universitas Terbuka
  • Ita Wulan Sari STAI Muafi Sampang
  • Moh Hasan STAI Muafi Sampang
Keywords: Kognitif, Kartu Angka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan kognitif melalui pemberian kartu angka bervariasi pada anak PAUD Kelompok B di TK Aqra Atikah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelompok B di TK Aqra Atikah Palembang yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 7 perempuan dan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Adapun indikator yang digunakan adalah perhatian saat mendengar penjelasan guru, dapat menyebutkan penjumlahan bilangan, dapat menceritakan kembali cerita yang dibacakan guru dan kesanggupan anak dalam mengerjakan tugas. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kreativitas anak melalui penggunaan “Kartu angka variasi” yaitu dari 20 anak pada siklus pertama, 7 orang anak mendapat nilai 35% dengan kategori belum berkembang, dan 13 anak mendapat nilai 65% dengan kategori mulai berkembang. Pada siklus ke II mengalami peningkatan dengan kemampuan anak dalam mengenal kemampuan berhitung melalui kartu angka bervariasi dari 20 anak, 3 orang anak mendapat nilai 15% dengan kategori berkembang sesuai harapan dan 17 orang anak mendapat nilai 80% dengan kategori berkembang sangat baik. Dalam siklus II ini aktivitas berhitung menggunakan kartu angka bervariasi meningkatkan kognitif berhitung anak melalui kartu angka variasi.

References

Fauziah. Perkembangan Kognitif Anak. Sulawesi Tengah: CV Feniks Muda Sejahtera, 2022.

Matara. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2023.

Maria. Bermain Anak Usia Dini Uwais Inspirasi. Jawa Timur: Uwais Rustiyarso, 2020.

Noktah dan Sulyandari. Perkembangan Kognitif Dan Bahasa Anak Usia Dini. Jawa Barat, Edu Publisher, 2020.

Palupi, D. I., Lesmana, D. E., Farista, D., Rahmani, E., Yusnita, E. Sudarya, A. Improving Numeracy Skills Through Interactive Number Card Media in the 5-6 Year Age Group at Taman Hijau Kindergarten, Batam City. Indonesian Education Journal, 3(10), 924-935, 2022.

Maryam, S. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Kartu Angka pada Kelompok B TK NW Lelupi Kecamatan Sikur. Jurnal Nusantara, 1(1), 87- 102, 2019.

Rejeki, S., Mujidin, M., & Hayuningtyas, F.. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di TK Pembina Kabupaten Sarolangun in Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP UAD (Vol. 1, No. 1), (2021).

Sari, Ita Wulan, and Miftahul Jannah. "Pengaruh Alat Permainan Montessori terhadap Keterampilan Berfikir Logis Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).

Sudarti, S. Efforts to Improve the Ability to Recognize Numbers Through Number Card Media in Group B Children at Tat Twam Asi Kindergarten, Margorejo District, Pati Regency, Semester 1 of the 2019/2020 Academic Year. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6) (2021).

Ulfa, Maria. "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AMAL INSANI YOGYAKARTA." AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2.2 (2022).

Wafa, Moh Ali. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).

Yurda, Y. Improving Children's Numeracy Skills through Number Card Games in Group B Children at Dharma Wanita Pasar Usang Kindergarten. Journal on Teacher Education, 1(1) (2019).

Zakiyyah, Onik, Imamatus Solehah, and Siti Aprilia. "Strategi Peningkatan Disiplin Belajar pada Siswa Madrasah Aliyah‎ Al-Azhary." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).

Published
2023-11-25
Section
Artikel