UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI IMPLEMENTASI PROYEK P5 DI PAUD AL HAMZAR

  • Sulhiah STKIP Hamzar Lombok Utara
  • Rahman STKIP Hamzar Lombok Utara
  • Juanda Prisma Mahendra STKIP Hamzar Lombok Utara
Keywords: Sosial Emosional, Proyek P5

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosio-emosional melalui pelaksanaan proyek P5 dengan budidaya sayuran menggunakan media hidroponik pada siswa Kelas B PAUD Al-Hamzar. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan hasil pra tindakan, ditemukan bahwa rata-rata kemampuan sosial emosional peserta didik pada kelompok B PAUD Al-Hamzar Lombok Utara. Nilai awal sebesar 41,89 meningkat menjadi 43,83 setelah dilaksanakan intervensi pada siklus I sehingga terjadi peningkatan skor rata-rata kemampuan sosial emosional siswa. Namun perlu diperhatikan bahwa hanya 4 siswa yang berhasil menyelesaikan intervensi sehingga tingkat penyelesaiannya sebesar 22,22%. Pada siklus II rata-rata skor kemampuan sosial emosional siswa meningkat menjadi 72,61 yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (BSB). Sebanyak 12 siswa mencapai nilai ketuntasan, sehingga diperoleh persentase 66,67% (BSB) siswa yang berhasil memenuhi kriteria serta menunjukkan bahwa kelas tersebut telah mencapai standar ketuntasan klasikal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode menanam hidroponik dalam menanam sayuran memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional peserta didik yang tergabung dalam kelompok B PAUD Al-Hamzar.

References

Arikunto, Suharsimi. Classroom Action Research. The publication in question is "Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Asrul, discusses the strategies for early childhood education in his book titled "Strategi Pendidikan Anak Usia Dini" published by Perdana Publishing in Medan, 2016.

Hasanah, Uswatun. "Pengaruh Media Flipchart terhadap Perilaku Helping Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Muta'allimin Desa Bajur Waru Pamekasan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).

Hasanah, Uswatun. "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENETAP‎ DAN YANG TIDAK MENETAP PADA SISWA SMA KELAS X DI‎ PONDOK PESANTREN AL-ARIFIN SAMPANG." ISLAMENTARY; Journal of Islamic Elementary Education 1.1 (2023): 27-37.

Imanida Khusnul Dita Jayanti. Membaangun Keterampilan Bercocok Tanam Melalui Kegiatan Bertanam Dengan Media Hidroponik, Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2019.

Kisyani. Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek, (Medan: UIN Sumatera Utara, 2015.

Nugraha, A. Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Pujiarto. Pelatihan Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Kegiatan Eco-enzyme Di Gugus Lebah (Jakarta Selatan: Universitas Panca Sakti Bekasi, 2022.

Sari, Ita Wulan, and Humaidi Hambali. "Implementasi Metode Resitasi dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Kelas VIII SMP 07 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).

Tatik Ariyanti, Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development, Purwokerto: Universitas Muhammadiyah, 2016.

Titut Eka Suprabhani. Pengertian Tanaman Hidroponik, Jenis-Jenisnya Dan Cara Pembudidayaannya, Kecamatan Rowosari: Kementerian Pertanian Republik Indonesia, 2019.

Ulfa, Maria, Maya Fadhilaturrohmah, and Faruzda Lailatil Izzati. "Hubungan Kompetensi Pedagogik terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 1 Sepulu." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).

Zakiyyah, Onik. "Pendidikan Agama bagi Anak melalui Metode Bercerita di TK Roudlotus Shibyan Plosobuden Deket Lamongan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).

Published
2023-11-25
Section
Artikel