INTERNALISASI PENDIDIKAN AKHLAK (TUTUR KATA) DI MI MIFTAHUL ULUM DE KONING SCHOOL SEGENTER
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada program pengajar yang efektif dalam mengajarkan dan mengkultivasi perilaku berbicara yang baik kepada siswa dalam konteks pendidikan moral. Penelitian ini dilakukan di Sekolah MI Miftahul Ulum De Koning Segenter pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru kelas tiga, guru kelas empat, guru kelas lima, dan siswa sekolah dasar. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru di sekolah MI Miftahul Ulum De Koning Segenter menggunakan banyak metode, antara lain pembiasaan, keteladanan, nasehat, dan hukuman, dalam membina dan menanamkan moral etika bertutur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi pendidikan akhlak di MI Miftahul Ulum menggunakan metode ceramah yang disampaikan dalam kegiatan terstruktur, serta keteladanan akhlak oleh guru.
References
Al-Ghazali, Ihya‟ Ulumuddin, Beirut: Dar Al-Kitab Al- Ilmiyah, 1985.
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Iwan (2018). Berbagai Hal Yang Mempengaruhi Pembentukan Akhlak’: Jurnal AL
Nugroho Hestu Waristo, Pembentukan Akhlak Siswa ‘: Jurnal Mandiri Imu Pengetahuan Seni, Dan Teknologi, Vol ,1. No.4. 2012.
Rahmat Hidayat, Ilmu Pendidikan, Konsep Teori, Dan Aplikasinya.Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan (LPPP) Medan. 2016.
Shihab, Quraish, Wawasan al-Qur‟an, Bandung: Mizan, 2010.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Tahun
Zakiyyah, Onik. "Pendidikan Agama bagi Anak melalui Metode Bercerita di TK Roudlotus Shibyan Plosobuden Deket Lamongan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).
Hasanah, Uswatun. "Pengaruh Media Flipchart terhadap Perilaku Helping Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Muta'allimin Desa Bajur Waru Pamekasan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).
Ulfa, Maria, Maya Fadhilaturrohmah, and Faruzda Lailatil Izzati. "Hubungan Kompetensi Pedagogik terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 1 Sepulu." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).
Sari, Ita Wulan, and Humaidi Hambali. "Implementasi Metode Resitasi dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Kelas VIII SMP 07 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).
Wafa, Moh Ali. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).
Hasanah, Uswatun. "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENETAP DAN YANG TIDAK MENETAP PADA SISWA SMA KELAS X DI PONDOK PESANTREN AL-ARIFIN SAMPANG." ISLAMENTARY; Journal of Islamic Elementary Education 1.1 (2023).
Copyright (c) 2023 Puspita Rizki, M. Arzani, Lalu Habiburrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
- Semua artikel yang termuat dalamJournal Of Early Childhood And Islamic Education dilindungi oleh Undang-Undang dan dilarang mengutip atau mengkopi artikel untuk kepentingan komersial tanpa persetujuan editor jurnal .
- Jika anda menemukan beberapa artikel yang diterbitkan di Journal Of Early Childhood And Islamic Education yang berpotensi melanggar hak cipta, silahkan bisa menghungi kami melalui kontak yang tersedia.
- Aspek hukum dan legal formal artikel di Journal Of Early Childhood And Islamic Education terlisensi oleh
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi yang termuat di Journal Of Early Childhood And Islamic Education bersifat akademis, sehingga pengelola Journal Of Early Childhood And Islamic Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat dari penyalahgunaan informasi dari jurnal ini.