STRATEGI TAMAN KANAK-KANAK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF PADA MASA PANDEMI

  • Hanifa Hafiza Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
Keywords: Strategi, Taman Kanak-kanak, Pandemi Covid-19

Abstract

Pendidik perlu mengimplementasikan strategi yang efektif dalam menjalankan proses pembelajaran pada anak usia dini. Tujuan menulis artikel konseptual ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang strategi yang diterapkan oleh lembaga prasekolah dalam melakukan pembelajaran online yang efektif sepanjang pandemi. Topik yang akan dibahas adalah Covid-19, sebuah pandemi global yang diakibatkan oleh virus corona baru. Studi ini menyajikan kegiatan yang dapat diimplementasikan di taman kanak-kanak, seperti kegiatan belajar, kolaborasi dengan orang tua, metode pengajaran dan strategi yang digunakan, serta media yang digunakan dalam proses mengajar dan belajar sepanjang pandemi. Strategi yang diimplementasikan oleh sekolah mencakup beberapa peran Kepala Kebidanan, seperti pemimpin, manajer, administrator, pengawas, pendidik, inovator, dan motivator. Di sisi lain, pendidik menggunakan banyak strategi dalam mengatur kegiatan belajar, mempertimbangkan kebutuhan siswa, mempromosikan pembelajaran yang berorientasi diri, menggunakan media yang tepat, menggunakan berbagai metode, dan mendorong kolaborasi dengan orang tua atau wali.

References

Afni, Nur. Teacher Strategies for Managing Learning During the Covid-19 Pandemic. Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Kendari, 2020.

Al Hakim, MF. The role of teachers and parents: Challenges and solutions in brave learning during the Covid-19 pandemic. History: Journal of History and Humanities Education, 2021: 1(1), 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/

Anitah, S. Learning Strategies in Biology Learning Strategies (PP.!-30). Jakarta: Open University, 2014.

Asrin. Principal leadership in quality culture in schools, multi-case study at SMAN Agung and SMA 1 Kartini in Kota Bunga. Poor. UM Dissertation Not Published, 2006.

Botutihe, S.N., Smith, M. Bin, Kasan, I.A., & Hilala, R. (2020). PAUD Teachers' Physical Distancing Learning Strategy in Facing the Covid19 Pandemic. Obsession Journal: Journal of Early Childhood Education, 2020: 5(2), 1536–1543. https://doi.org/10.31004/obsessi.v5i2.919.

Chan, C. W. Leading today's kindergarten: Strategic leadership practices in early childhood education in Hong Kong. Journal Educational Management Administration and Leadership, 2018: 46(4), 679–691. https://doi.org/10.1177/1741143217694892

Dabbagh, N. and Ritland. B. B. Online Learning, Concepts, Strategies and Applications. Ohio: Pearson, 2005.

E. Mulyasa. PAUD Learning Strategy. Bandung: Rosdakarya, 2017.

Fitrah, M. (2017). The Role of School Principals in Improving the Quality of Education. Journal of Quality Assurance, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90Hamalik, Oemar. 2001. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hamzah B. Uno. Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2011.

Haryono, Amirul Hadi. Metode Penelitian Pendidikan II. Bandung: CV Pustaka Setia, 1998.

Hasanah, Uswatun. "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENETAP‎ DAN YANG TIDAK MENETAP PADA SISWA SMA KELAS X DI‎ PONDOK PESANTREN AL-ARIFIN SAMPANG." ISLAMENTARY; Journal of Islamic Elementary Education 1.1 (2023).

Hewi, L., & Asnawati, L. Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2020: 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

J. Supranto, Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2003), hlm. 28.

Lestari, K., Harun, H., & Fauziah, P. Kindergarten Strategy in Optimizing Learning During the Pandemic in Nanga Pinoh District. Obsession Journal: Journal of Early Childhood Education, 2020: 5(2), 1951–1959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1014

Masitoh. Kindergarten learning strategies. Jakarta. open University, 2005.

Masitoh. Kindergarten Learning Strategies. Open University Publishers, 2009.

Mhd. Isman. Network Mode Learning (Online Mode), Muhammadiyah University of North Sumatra, 2016.

Miarso, Yusufhadi. Sowing the Seeds of Educational Technology. Jakarta: Kencana, 2004.

Moh. Uzer Usman. Becoming a Professional Teacher. Bandung: PT. Rosdakarya Teenager, 2019.

Novan Ardy. Quality PAUD Management. Yogyakarta. Gava Media, 2015.

Nur Afni. 2020-2021. PLP Article 2 Teacher Strategies in Managing Learning During the Covid-19 Pandemic, 2020: 53(9).

Nurdin, N., & Anhusadar, L. Effectiveness of PAUD Educators' Online Learning in the Midst of the Covid 19 Pandemic. Obsession Journal: Journal of Early Childhood Education, 2020: 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Oktavian, R., & Aldya, R. F. Effectiveness of Integrated Online Learning in the Era of Education 4.0. Didactics: Journal of Education and Science, 2020: 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Putra, J. A. The Role of the Principal as an Innovator in the State Junior High School of Pariaman City. Journal of Educational Administration, 2014: 2, 347–355

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D.A. Analysis of the Online Learning Process (ONLINE) During the Covid-19 Pandemic for Elementary School Teachers. Basicedu Journal, 2020: 4(4), 861-870. http://jbasic.org/index.php/basicedu /ar ticle/view/460

Rahmatunnisa, S., Mujtaba, I., & Rizky Alfiany, A. Early Childhood Educators' Strategies in Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Group B KB / Kindergarten Al-. Proceedings of the UMJ LPPM National Research Seminar, 1–8. website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit%0AE-ISSN: 2020.

Regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia Number 137 of 2014 concerning National Standards for Early Childhood Education.

Rohmawati, A. Learning Effectiveness. Journal of Early Childhood Education, 9(1), 15–32, 2015.

Sanjaya, Vienna. Learning Strategy: Educational Process Standards Oriented. Jakarta: Kencana, 2016.

Sari, Ita Wulan, and Miftahul Jannah. "Pengaruh Alat Permainan Montessori terhadap Keterampilan Berfikir Logis Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. Kindergarten Principal's Strategy in Improving the Quality of Education during the Covid 19 Pandemic. Obsessi Journal: Journal of Early Childhood Education, 2020: 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Syah, R. H.. Dampak Covid19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7 (5). 2020 DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syaharuddin, S. Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring, 2020.

Terry, George R. leslie W. Rue. Principles Of Manajemen, Alih Bahasa G.A Ticoalu. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Triton PB. “Manajemen Strategis (Perusahaan & Bisnis). Yogyakarta. Tugu Publisher, 2007.

Ulfa, Maria. "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AMAL INSANI YOGYAKARTA." AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2.2 (2022).

Utami, Y. S. Peran Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Alam Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Kranggan 2 Kota Mojokerto Skripsi Oleh : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah. (2013).

Wafa, Moh Ali. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).

Zakiyyah, Onik, Imamatus Solehah, and Siti Aprilia. "Strategi Peningkatan Disiplin Belajar pada Siswa Madrasah Aliyah‎ Al-Azhary." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).

Published
2023-11-25
Section
Artikel