PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERBASIS FLIPBOOK PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK GURU DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) PULAU BAWEAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memudahkan guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media loose parts pada pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui pemanfaatan aplikasi flipbook. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Lee dan Owens yang terdiri dari lima langkah: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Kelayakan bahan ajar dinilai melalui evaluasi ahli media dan isi. Uji efektivitas dilakukan melalui uji coba pengguna/guru. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa buku panduan media loose parts berbasis flipbook sangat layak digunakan oleh guru pendidikan anak usia dini.
References
Arikunto, S. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta,2019.
Cappello, M., & Walker , Strategi Berpikir Visual: Refleksi Guru Terhadap Membaca Secara Dekat Teks Visual Kompleks Lintas Disiplin, N.T.70, no. 3 (Guru Membaca). Pada tahun 2016, doi:10.1002/trtr.1523.
Danang Anakin. Sebagai Media Pembelajaran Mandiri pada Mata Pelajaran Seni Tari untuk Siswa SMA/MA, Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Melalui Flip Book. Seni, Fakultas Bahasa, dan Skripsi. 2014. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Hanson, D., Owusu-Fordjour, C., dan Koomson, C. K. Pengaruh Covid-19 terhadap pendidikan dari sudut pandang siswa Ghana. 7(3), hal.88-100, Jurnal Studi Pendidikan Eropa, 2020.
Hasanah, Uswatun, and Miftahul Jannah. "Analisis Kompetensi Pedagogik Guru PAI SMP Al-Ibrohimy." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Nasution. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2010
Pembelajaran STEM melalui loose parts untuk meningkatkan intelektikasi dina Nurjanah, N. E. 2020, 1(1), 19–31, Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD.
Sari, Ita Wulan, and Miftahul Jannah. "Pengaruh Alat Permainan Montessori terhadap Keterampilan Berfikir Logis Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023).
Syahrani Nur. Upaya Meningkatkan Prestasi Ptk Paud Dan Dikmas Persekutuan Ahok Di Lingkungan Upt Dinas Pendidikan Kecamatan Sangkapura (Intip Strategi Bumi Ahok). Jil. 19, No.1, Jurnal Pendidikan dengan Ilmu Pengetahuan (2010).
Ulfa, Maria. "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AMAL INSANI YOGYAKARTA." AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2.2 (2022).
Wafa, Moh Ali. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).
Yuanita, Christiani W. Widiastuti dan Upik Elok Membela Siti Wahyuningsih Rasmani. Advokasi adopsi E-Learning oleh Anak Usia Dini. Halaman 1240-1247 Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5, Edisi 2, 2021.
Yuliati, Siantayani. Otentik Stimulasi PAUD, Bagian Lepas, 16-21, 2020.
Zakiyyah, Onik, Imamatus Solehah, and Siti Aprilia. "Strategi Peningkatan Disiplin Belajar pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Azhary." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022).
Copyright (c) 2023 Nihayatul Luaili, Ach. Rasyad A.T, Sultoni; Fika Fiona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
- Semua artikel yang termuat dalamJournal Of Early Childhood And Islamic Education dilindungi oleh Undang-Undang dan dilarang mengutip atau mengkopi artikel untuk kepentingan komersial tanpa persetujuan editor jurnal .
- Jika anda menemukan beberapa artikel yang diterbitkan di Journal Of Early Childhood And Islamic Education yang berpotensi melanggar hak cipta, silahkan bisa menghungi kami melalui kontak yang tersedia.
- Aspek hukum dan legal formal artikel di Journal Of Early Childhood And Islamic Education terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi yang termuat di Journal Of Early Childhood And Islamic Education bersifat akademis, sehingga pengelola Journal Of Early Childhood And Islamic Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat dari penyalahgunaan informasi dari jurnal ini.