Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Atas Setingkat
Abstract
Disiplin belajar dianggap sebagai faktor kunci yang mampu mempengaruhi hasil belajar secara signifikan. Kegiatan pembelajaran, kedisiplinan siswa berperan dalam mengatur waktu, menyelesaikan tugas, dan mempertahankan fokus selama kegiatan belajar berlangsung. Studi literatur ini mengkaji pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kajian literatur dengan menganalisis berbagai sumber ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan hasil belajar. Siswa yang memiliki tingkat disiplin tinggi cenderung mencapai hasil belajar yang lebih baik, karena disiplin membantu mereka untuk lebih konsisten dan bertanggung jawab dalam menjalani proses belajar. Pentingnya peran guru, orang tua, dan lingkungan sekitar mampu menumbuhkan disiplin belajar siswa sangat diperlukan untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan berkelanjutan.
References
Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196.
Abidin, Z., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Mts Al-Azhar Tanjungbumi Bangkalan. Journal of Education, 6(4), 22294–22307.
Akmal, D. K., Darmawan, D., & Wardani, A. (2015). Manajemen Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Al Khumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698–710.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Asih, E. D. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X di SMKN 1 Dumai Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Tadzakkur, 2(1), 23–37.
Asuradiatni, N. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI Pada Siswa di SMP Negeri 2 Kota Bangun. Skripsi, UINSI.
Berliana, E., Asha, L., & Sagiman. (2023). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Rejang Lebong. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. McKay, New York.
Darmawan, D. (2009). Metode Penelitian dan Teknik Praktis Menulis Karya Ilmiah. Metromedia Education, Surabaya.
Darmawan, D. (2023). The Dynamics Of Student Social Interaction With Teachers And Peers: Its Influence On Academic Achievement At Ma Miftahut Thullab Sampang. Kabillah (Journal of Social Community), 8(2), 161–170.
Darmawan, D., Febriyanti, Utama, A. A. G. S., Aisyah, S., Marasabessy, Larasati, D. A., Roosinda, F. W., & Aziz, I. (2021). Psychological Perspective in Society 5.0. Zahir Publishing, Yogyakarta.
Darmawan, D., Mardikaningsih, R., Arifin, S., Sinambela, E. A., & Putra, A. R. (2021). Studi tentang Peranan Variabel Kompetensi, Penilaian Kinerja, dan Kondisi Kerja terhadap Perwujudan Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 516–530.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.
Djazilan, M. S., & Darmawan, D. (2022). The Influence of Parenting Style and School Culture on the Character of Student Discipline. Studi Ilmu Sosial Indonesia (SISI), 2(1), 53–64.
El-Yunusi, M. Y. M., Alam, M. B., & Rodliyah, N. A. (2023). Hakikat Nilai Dasar Penanaman Pendidikan Karakter Pada Peradaban Agama Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(2), 173–191.
Fathurrahman, M. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Teras, Yogyakarta.
Fitriyah, E. I., Yulianto, A., & El-Yunusi, M. Y. M. (2023). Implementasi Modul PAI Fiqih Dalam Pembelajaran Di MTSN 4 Kota Surabaya. TADBIR MUWAHHID, 7(2), 295–319.
Halizah, S. N., Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2023). Pengaruh Lokus Kendali Internal, Kemandirian, Perilaku Produktif, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(1), 9–19.
Haqiqi, M. F., Yunusi, Y. M. El, & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Kemandirian Dan Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mts Nahdlatul Athfal Gersempal Omben Sampang. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 52–62.
Hariri, M., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Nurul Huda Al-Mashudi Sampang. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 24–33.
Hayuningtyas, S. A. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Dukungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Xi Sman 1 Jenangan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, IAIN Ponorogo.
I, W., Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. IntiPresindo Pustaka, Jakarta.
Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. PT Bumi Aksara, Jakarta.
Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69–75.
Copyright (c) 2024 Achmad Nur Rofiuddin; Didit Darmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
- Semua artikel yang termuat dalamJournal Of Early Childhood And Islamic Education dilindungi oleh Undang-Undang dan dilarang mengutip atau mengkopi artikel untuk kepentingan komersial tanpa persetujuan editor jurnal .
- Jika anda menemukan beberapa artikel yang diterbitkan di Journal Of Early Childhood And Islamic Education yang berpotensi melanggar hak cipta, silahkan bisa menghungi kami melalui kontak yang tersedia.
- Aspek hukum dan legal formal artikel di Journal Of Early Childhood And Islamic Education terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi yang termuat di Journal Of Early Childhood And Islamic Education bersifat akademis, sehingga pengelola Journal Of Early Childhood And Islamic Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat dari penyalahgunaan informasi dari jurnal ini.