Persepsi Guru terhadap Penilaian pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka TK Insan Tauhid Al Khair
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap penilaian pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak Insan Tauhid Al Khair. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka telah diterapkan di TK Al Khair sejak tahun lalu, menggantikan Kurikulum 2013. Persepsi Guru pada metode penilaian tidak jauh berbeda antara penilaian Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdek seperti observasi, portofolio, narasi, dan ceklis, dengan observasi menjadi yang paling sering digunakan karena dinilai efektif untuk menilai perkembangan anak. Namun, metode foto berseri dalam Kurikulum Merdeka masih belum optimal diterapkan karena keterbatasan waktu dan pemahaman teknis. Meskipun transisi kurikulum berjalan lancar, tantangan dalam pemahaman instrumen penilaian baru masih terasa. Dukungan berupa pelatihan dan fasilitas dari pihak sekolah sangat diperlukan. Kurikulum Merdeka dinilai memberikan fleksibilitas yang mendukung pengembangan bakat dan minat anak, dengan keberhasilan implementasinya bergantung pada kesiapan guru dan dukungan manajemen sekolah.
References
Agustina, Ririn, and Dea Mustika. "Persepsi Guru terhadap Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka." Aulad: Journal on Early Childhood 6.3 (2023): 359-364.
Akbar, Rofiq Faudy, et al. "Implementasi Instrumen Penilaian Pembelajaran pada Anak Usia Dini di RA Sholahiyah Bae Kudus." Jurnal Raudhah 12.1 (2024): 67-77.
Ardiansyah, Ardiansyah, Fitri Sagita, and Juanda Juanda. "Assesmen dalam kurikulum merdeka belajar." Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia 3.1 (2023): 8-13.
Daulay, Musnar Indra, and Mohammad Fauzidin. "Implementasi kurikulum merdeka pada jenjang PAUD." Jurnal Bunga Rampai Usia Emas (BRUE) 9, no. 2 (2023): 101-116.
Farida, Siti, Miftahul Jannah Syarifah, and Onik Zakiyyah. "Strategi Rekrutmen Peserta Didik Sebagai Upaya Peningkatan Kuantitas Peserta Didik Di Smk Jaifaq Sampang." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 2.1 (2023): 13-22.
Fauzi, Achmad. "Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak." Jurnal Pahlawan| Vol 18, no. 2 (2022): 20-30.
Hasanah, Uswatun, and Miftahul Jannah. "Analisis Kompetensi Pedagogik Guru PAI SMP Al-Ibrohimy." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.1 (2022): 1-15.
Julita, Dina, and Rudi Susilana. "Implementasi kurikulum montessori bernafaskan islam pada pendidikan anak usia dini “rumah bermain padi” di kota Bandung." Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 11.2 (2018): 149-162.
Maghfiroh, Shofia, and Dadan Suryana. "Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini." Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (2021): 1560-1566.
Manik, Anisa Putri, and Khadijah Khadijah. "Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Taman Kanak-Kanak." Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2024): 830-839.
Manullang, Renova, and Charoline Renta Anggriani Marpaung. "Perubahan Paradigma dalam Kurikulum Pendidikan Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar terhadap Metode Pengajaran dan Evaluasi." Jurnal Teknologi Pendidikan 1.4 (2024): 10-10.
Maryatun, Ika Budi. "Peran pendidik PAUD dalam membangun Karakter Anak." Jurnal Pendidikan Anak 5, no. 1 (2016): 748-749
Mawardini, Intan Dewi, and Arsyad Muhammad Sajjad. "Menelaah Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka." Islamic Elementary School (IES) 3, no. 1 (2023): 60-72.
Miyanti, Irma Nur. "Implementasi Pembelajaran STEAM terhadap Kemampuan Ecoliteracy Anak Usia Dini di TK Pelangi Nusantara Kabupaten Kediri." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 2.2 (2024): 83-89.
Nurholis, Desti, Nyayu Khodijah, and Ermis Suryana. "Analisis Kebijakan Kurikulum 2013." MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 1 (2022): 98-114.
Pratycia, Angel, Arya Dharma Putra, Aulia Ghina Maharani Salsabila, Febri Ilhami Adha, and Ahmad Fuadin. "Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka." Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3, no. 01 (2023): 58-64.
Sari, Dianti Yunia, Ismi Tiara Nakita, and Fadila Rahma. "Pemahaman guru dalam proses penilaian perkembangan anak usia dini." PERNIK 5.2 (2022): 25-37.
Sartika, Dewi, et al. "Pengembangan instrumen penilaian kinerja praktikum fisika kurikulum 2013." Al Asma: Journal of Islamic Education 2.2 (2020): 267-273.
Setiadi, Hari. "Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013." Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan 20, no. 2 (2016): 166-178.
Shalehah, Nur Azziatun. "Studi Literatur: Konsep kurikulum merdeka pada satuan pendidikan anak usia dini." Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 5, no. 1 (2023): 70-81.
Suluh, Melkianus, and Dekriati Ate. "Efektifitas pelaksanaan kurikulum 2013 ditinjau dari kesiapan sekolah dan pengaruhnya terhadap perkembangan sekolah." Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 5.2 (2019): 248-254.
Ulfa, Maria, Maya Fadhilaturrohmah, and Faruzda Lailatil Izzati. "Hubungan Kompetensi Pedagogik terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 1 Sepulu." Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1.2 (2023): 105-120.
Wuwur, Erwin Simon Paulus Olak. "Problematika implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar." SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan 3.1 (2023): 1-9.
Copyright (c) 2024 Aulia Shafira, Dina Liliani, Deva Safta Juwita; Ainul Qanzi Arasy, Lina Amelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
- Semua artikel yang termuat dalamJournal Of Early Childhood And Islamic Education dilindungi oleh Undang-Undang dan dilarang mengutip atau mengkopi artikel untuk kepentingan komersial tanpa persetujuan editor jurnal .
- Jika anda menemukan beberapa artikel yang diterbitkan di Journal Of Early Childhood And Islamic Education yang berpotensi melanggar hak cipta, silahkan bisa menghungi kami melalui kontak yang tersedia.
- Aspek hukum dan legal formal artikel di Journal Of Early Childhood And Islamic Education terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi yang termuat di Journal Of Early Childhood And Islamic Education bersifat akademis, sehingga pengelola Journal Of Early Childhood And Islamic Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat dari penyalahgunaan informasi dari jurnal ini.