Pengaruh Media Modifikasi Kartu Domino terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A di Ra Kusuma Mulya Mojosari

  • Anna Prasasti Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
Keywords: Modifikasi, Kartu Domino, Kemampuan Mengenal Angka

Abstract

Penelitian ini dipicu oleh fenomena yang menunjukkan bahwa pemahaman terhadap angka pada anak masih terbatas, dan juga terdapat kekurangan dalam kemampuan daya ingat. Salah satunya dengan media modifikasi kartu domino, diharapkan dengan metode ini anak dapat terbantu untuk anak belajar mengenal angka. Tujuan penelitian dalam hal ini adalah menjelaskan dampak modifikasi kartu domino terhadap kemampuan kognitif anak, kecerdasan logis matematika, dan kemampuan mengenal angka. Jenis dan pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimental. Dari hasil analisis uji Mann Whitney  diperoleh dari hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk kemampuan kognitif nilai signifikan yang diperoleh dari analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai kemampuan mengenal angka untuk kelas eksperimen adalah 22,33, sementara kelas kontrol adalah 11,50. Terdapat perbedaan yang signifikan (0,00<0,05) antara rata-rata nilai dari kelas eksperimen (22,33) dan kelas kontrol (11,50). Hasil post-test menunjukan nilai signifikansi untuk kemampuan mengenal angka. (0.00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari ( kelas eksperimen = 23.00, kelas kontrol = 10,50). Dapat disimpulkan dari ketiga uji rumusan masalah tersebut bahwa hipotesis nol ditolak, maka demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari media modifikasi kartu domino terhadap kemampuan mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun dalam kelompok A RA Kusuma Mulya Mojosari kediri.

References

Abdurrahman, Mulyono. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press, 2014.

Bell-Basca, Belinda S., et al. "Using Domino and Relational Causality to Analyze the Ecosystem." National Association of Research Harvard University, Cambridge, 2000.

Fadillah, Muhammad. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Fernando, Hery. "Penggunaan Algoritma Brute dan Greedy dalam Permainan Domino." Jurnal Institut Teknologi Bandung, 2007.

Firdaus, & Zamzam, Fakhry. Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Hamdi, Saepul E., and Asep Baharudin. Metode Penelitian Kuantitatif: Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Hasanah, Uswatun, and Maya Fadilaturrohmah. "Pengaruh Media Flipchart terhadap Perilaku Helping Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Muta'allimin Desa Bajur Waru Pamekasan." Journal of Early Childhood and Islamic Education 1, no. 2 (2023): 136–145.

Hestuaji, Yogi, Suwarno, and Riyadi. "Pengaruh Media Kartu Domino terhadap Pemahaman Konsep Pecahan." Jurnal Universitas Sebelas Maret, 2012.

Kurniadin, Didik. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Kustiawan, Usep. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra, 2016.

Latif, Mukhtar. Orientasi ke Arah Pemahaman Filsafat Ilmu. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.

McCrea, Steve, and Mario J. Lorente Leyva. Stay Sharp with Dominos. Free E-Books, 2012.

Pribadi, Benny A. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2017.

Santoso, Singgih. Statistik Non Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.

Sari, Ita Wulan, and Miftahul Jannah. "Pengaruh Alat Permainan Montessori terhadap Keterampilan Berfikir Logis Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah Bangkalan." Journal of Early Childhood and Islamic Education 1, no. 2 (2023): 121–135.

Satrianawati. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Seefeldt, Carol, and Barbara A. Wasik. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Mancanan Jaya Cemerlang, 2008.

Shoomatul Ula, S. Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

——. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sujianto, Agus Eko. Aplikasi Statistik SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2009.

Sujiono, Yuliani Nurani. Metode Perkembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Sumiharsono, Rudi, and Hisbiyatul Hasanah. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abdi, 2017.

Takirun, Musfiroh. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2012.

Trianto. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik (Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Awal SD/MI). Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2011.

Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.

Uno, Hamzah B., and Masri. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Wijana, Widarmi D. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2016.

Zaman, Badru, and Asep Herry Hermawan. Media dan Sumber Belajar PAUD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2016.

Published
2024-11-30
Section
Artikel