Efektivitas Modul Ajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini

  • Tiara Natasia Putri Universitas PGRI Madiun
  • Rosyida Nurul Anwar Universitas PGRI Madiun
  • Dian Ratnaningtyas Afifah Universitas PGRI Madiun
Keywords: Modul Ajar, Hasil Belajar, Anak Usia Dini

Abstract

Modul ajar yang disusun secara sistematis dan terstruktur akan membantu guru untuk mencapai kompetensi siswa dalam pembelajaran. Modul ajar dirancang untuk memfasilitasi proses belajar mengajar sehingga lebih efektif dan efisien. Modul sebagai satu kesatuan pembelajaran secara menyeluruh dan mandiri guna mempermudah siswa meraih pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dibuat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang tua siswa dengan teknik sampling total. Lokasi penelitian di lembaga pendidikan Islam anak usia dini di Kabupaten Madiun. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan observasi. Peneliti menggunakan uji Pearson Correlation untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan penyusunan modul ajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikan 0,006 < 0,05; 2). Korelasi hubungan modul ajar dengan hasil belajar tergolong korelasi sedang yang ditunjukan -0,897 r tabel 5%. Modul ajar menjadi bagian perencanaan yang bermanfaat untuk peningkatan hasil belajar siswa.

References

‘Azah, Nur, Muh Ibnu Sholeh, Dinar Ayu Tasya’, Abdullah Aminuddin Aziz, Daing Mohammad Fuad bin Abdul Tawajok Kadir, and Sirojuddin Abror. “Strategi Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa.” Al-Mikraj, Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 5, no. 1 (2024): 523–44.

Anwar, Rosyida Nurul. “Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru Di Lembaga PAUD Se-Kecamatan Madiun.” Communautaire: Journal of Community Service 01, no. 01 (2022a): 21–29.

———. “Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka.” Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (2022b): 98–109.

———. “Training on Implementation of Independent Curriculum for Teachers in PAUD Institutions in Sawahan District, Madiun Regency.” Indonesian Journal of Community Research & Engagement 1, no. 01 (2022c): 52–58.

———. “Implementasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Program Sekolah Penggerak.” In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2023a.

———. “Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Satuan Pendidikan Program Sekolah Penggerak.” Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, no. 1 (2023b): 102–9.

Anwar, Rosyida Nurul, Putri Ayu Agusrini, and Salsabila Tazkia Aulia. “Pelatihan Media Pembelajaran Guna Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Di SMP Negeri 3 Kutorejo.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (2022): 81–85.

Anwar, Rosyida Nurul, and Nurul Azizah. “Pengasuhan Anak Usia Dini Di Era New Normal Perspektif Islam.” Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia 2, no. 2 (2020): 1–9.

Anwar, Rosyida Nurul, and Yana Dwi Cristanti. “Peran Pendidikan Anak Perempuan Dalam Membentuk Masyarakat Madani.” Jurnal Care 6, no. 2 (2019): 11–18.

Arsana, I Kadek Satria. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Sosial Horison: Jurnal Pendidikan Sosial 6, no. 2 (2019): 269–82.

Barlian, Ujang Cepi, Anisa Sriwandita Yuni, Ria Restu Ramadhanty, and Yeni Suhaeni. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris.” ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin 1, no. 8 (2023): 815–22. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.742.

Diadha, Rahminur. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak.” Edusentris 2, no. 1 (2015): 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161.

Hanifah, Hani, Susi Susanti, and Aris Setiawan Adji. “Perilaku Dan Karakteristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran.” Manazhim 2, no. 1 (2020): 105–17. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638.

Herwina, Wiwin. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35, no. 2 (2021): 175–82. https://doi.org/10.21009/pip.352.10.

Idayanti, Mery, Ita Wulan Sari, and Moh Hasan. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Kartu Angka Variasi Di Kelompok B TK Aqra Atikah Palembang." Journal of Early Childhood and Islamic Education 2, no. 1 (2023): 1–12.

Maulida, Utami. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 130–38. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392.

Mulyasa. Manajemen PAUD. Jakarta: Gramedia, 2015.

Noerviana, Annisa Putri, Rika Novia Mariska, Nur Vita Sari Eka Ramadhani, Nadia Putri Septiana, Citra, and Rosyida Nurul Anwar. “Pelatihan Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Kegiatan Eco-Enzyme Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka.” BATIK: Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Masyarakat Multikultural 1, no. 2 (2023): 89–93.

Pebruanti, Lies, and Sudji Munadi. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Menggunakan Modul Di SMKN 2 Sumbawa.” Jurnal Pendidikan Vokasi 5, no. 3 (2018): 365. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6490.

Putri, Tiara Natasia, Rosyida Nurul Anwar, and Dian Ratnaningtyas Afifah. “Manfaat Modul Ajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” In Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3:18–21. Madiun: Universitas PGRI Madiun, 2024.

Sulaeman, A.N., Dian Dinarni, Aep Saepuloh, Lela Nurlaila, and Rosyida Nurul Anwar. “Mengkaji Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Pembentukan Budaya Sekolah Yang Positif: Studi Literatur.” Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian 3, no. 1 (2022): 1–7.

Tryanasari, Dewi, and Apri Kartikasari HS. “Program Ekoliterasi Sebagai Upaya Meningkatkan Fokus Siswa Slow Learner Di SDN 2 Sukowinangun Kabupaten Magetan.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 2, no. 1 (2021): 77–85. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.57.

Vinayastri, Amelia. “Perkembangan Otak Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah WIDYA 3, no. 1 (2015): 33–42.

Widiyaningrum, Novita, Siti Mufarochah, and Tiyas Ayu Sampurni. "Efektivitas Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Sains terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini." Journal of Early Childhood and Islamic Education 2, no. 2 (2024): 66–74.

Zakiyyah, Onik, Imamatus Solehah, and Siti Aprilia. "Strategi Peningkatan Disiplin Belajar pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Azhary." Journal of Early Childhood and Islamic Education 1, no. 1 (2022): 65–76.

Published
2024-11-30
Section
Artikel