Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di SDN Sumput Sidoarjo
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Peran Kepala Sekolah, mendeskripsikan Bentuk-bentuk Kedisiplinan Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan murid sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Dalam proses pencarian data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokementasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Peran kepala sekolah SDN Sumput Sidoarjo telah berhasil memenuhi beberapa fungsi yang ditetapkan dan melaksanakan tugas-tugas serta fungsinya dengan tepat. (2) Bentuk-bentuk kedisiplinan peserta didik yang ada di SDN Sumput Sidoarjo meliputi disiplin dalam mentaati peraturan, disiplin dalam waktu sekolah dan disiplin dalam berpakaian.
Abstract
This research aims to describe the role of the principal, describing the forms of student discipline. This research uses descriptive qualitative research. The research subjects were school principals, teachers and students as key informants. The object of this research is the school principal in improving student discipline. In the process of searching for data, researchers used observation, interview and documentation methods. The results of this research show that: (1) The role of the principal of SDN Sumput Sidoarjo has succeeded in fulfilling several specified functions and carrying out their duties and functions appropriately. (2) Forms of student discipline at SDN Sumput Sidoarjo include discipline in obeying regulations, discipline in school time and discipline in dressing.
References
Abdul Rohman, M. Dzikri. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MI Al-Ihsan Pamulang. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2018.
———. "Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MI Al-Ihsan Pamulang." Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2018.
Adrian, Jezi Putra. "Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Pariaman." Jurnal Administrasi Pendidikan 2, no. 1 (2014).
Arifin, and Barnawi. Instrumen Pembinaan, Peningkatan, dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Arifudin, Zainal. "Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pd BPR Bank Daerah Kabupaten Kediri." Jurnal Simki-Economic 1, no. 4 (2017).
Badrudin. Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks, 2014.
Bakri, Nikma. Peranan Guru dalam Menanamkan Disiplin Dini pada Kelas 1 SDIT Al-Insyirah. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2011.
Bawamenewi, Adrianus. "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Siswa di SMA Negeri 1 Lotu Itu Moi." Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 4, no. 1 (2021).
Buldani. Peran Kepala Sekolah dalam Mendisiplinkan Siswa di Sekolah Menengah Atas Swasta Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Skripsi. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 2011.
Fadjri Fahmi, Ahmad Zainuri. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di SDN Pakamban Laok Pragaan Sumenep. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Ibrahim, Maulana Malik, 2017.
Fauziah, Asma Naily. Peranan Disiplin Sekolah dalam Menunjang Pembentukan Disiplin Diri pada Siswa. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2003.
Francisco, Agus. "Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Tenaga Kependidikan di SMPN 2 Sungai Tara." Jurnal IAIN Batusangkar, 2018.
Nurzahra, Ika, and Della Difa. "Analisis Pembelajaran Anak Down Syndrome terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Rumoh Terapi Tabina Banda Aceh." Journal of Early Childhood and Islamic Education 2, no. 2 (2024): 75–82.
Rizki, Puspita, M. Arzani, and Lalu Habiburrahman. "Internalisasi Pendidikan Akhlak (Tutur Kata) di MI Miftahul Ulum De Koning School Segenter." Journal of Early Childhood and Islamic Education 2, no. 1 (2023): 30–37.
Rusdiana. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Zakiyyah, Onik, Imamatus Solehah, and Siti Aprilia. "Strategi Peningkatan Disiplin Belajar pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Azhary." Journal of Early Childhood and Islamic Education 1, no. 1 (2022): 65–76.
Copyright (c) 2024 Ryannanta Bayu Priambodo, Muhammad Ripin Ikhwandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
- Semua artikel yang termuat dalamJournal Of Early Childhood And Islamic Education dilindungi oleh Undang-Undang dan dilarang mengutip atau mengkopi artikel untuk kepentingan komersial tanpa persetujuan editor jurnal .
- Jika anda menemukan beberapa artikel yang diterbitkan di Journal Of Early Childhood And Islamic Education yang berpotensi melanggar hak cipta, silahkan bisa menghungi kami melalui kontak yang tersedia.
- Aspek hukum dan legal formal artikel di Journal Of Early Childhood And Islamic Education terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi yang termuat di Journal Of Early Childhood And Islamic Education bersifat akademis, sehingga pengelola Journal Of Early Childhood And Islamic Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat dari penyalahgunaan informasi dari jurnal ini.