IMPLEMENTASI PENERAPAN ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP KESEJAHTERAAN MUSTAHIK DI LEMBAGA (LAZISMU) PAMEKASAN

  • Ibroni Hasyim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
  • Iwan Wahyudi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Keywords: Zakat, Distribusi, Produktif, Kesejahteraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan zakat produktif yang dilakukan oleh lembaga zakat LAZISMU pamekasan dan mengukur kesejahteraan masyarakat melalui pendistribusian zakat produktif di Lembaga Zakat LAZISMU Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian yang dikumpulkan melalui wawancara oleh berbagai bidang di lembaga Zakat LAZISMU Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zakat produktif sepenuhnya telah dilakukan sesuai dengan prosedur dan pengaplikasian zakat produktif pada umumnya dengan dua konsep, yakni zakat produktif UMKM yang melibatkan semua jenis usaha yang ingin dikembangkan dengan memberikan modal usaha dan zakat produktif pendidikan yang diberikan kepada seseorang ketika ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang selanjutnya. Sedangkan kesejahteraan melalui zakat produktif sepenuhnya telah terwujud seperti adanya perubahan derajat dari mustahik menjadi Muzakki dan adanya perkembangan dalam usahanya baik dari segi modal dan sebagainya, walau dalam pendistribusian zakat produktif tidak semuanya mendapatkan zakat produktif karena adanya ketidak seimbangan antra kemampuan karyawan di LAZISMU dengan teknologi. Diharapkan hasil ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dari lembaga atau organisasi agar lebih meningkat dalam pengelola zakat produktifnya.

References

Amsari, Syahrul. analisis efektivitas pendayagunaan zakat produktif (studi kasus LAZISmu pusat), jurnal ekonomi Islam 1, no. 2 (Juni 2019), 312.

Bachtiar, Metode Penelitian Hukum (Tangerang Selatan: Umpam Press, 2018) 61.

Bahri, Mat. "Perbandingan Bagi Hasil Deposito Bank Syariah Dan Suku Bunga Deposito Bank‎ Konvensional Pada Bank Syariah SPM PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Dan Bank‎ Jatim Cabang Pembantu Waru." Islamic Economics And Finance Journal 1.1 (2022): 19-34.

Choiri, Imron. Pendayagunaan Zakat Produktif Studi Analisis Di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jepara, Skripsi Universitas Islam Nahdlatul Ulama‟ (UNISNU) Jepara. Diakses Pada Tanggal 29 April 2024.

Chotimah, Nur Model Pengelolaan Zakat Produktif Dalam Program Tani Bangkit Lazismu Kabupaten Magelang, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2020.

Citra Pratama, Yoghi. peran zakat dalam penanggulangan kemiskinan (studi kasus: program zakat produktif pada badan amil zakat nasional), the journal of tauhidinomics, 1, no. 1 (2015), 103.

Daruquthni Raudhatul Ulum, Efektivitas Pendistribusian Zakat Untuk Program Sleman Produktif Dalam Upaya Mensejahterakan Mustahik Di Baznas Sleman, Skripsi, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 4.

Efendi, junaidi dan Johnny Ibrahim, Metode Penelitian Hukum Normatif dan Empiris (Depok: Prenada Media Group, 2016), 149.

Fata, Zainol. "IMPLEMENTATION OF ISTISNAK CONTRACT IN HOUSEHOLD EQUIPMENT‎ BUYING TRANSACTIONS (CASE STUDY OF FURNITURE ENTREPRENEURS IN‎ POTOAN DAYA VILLAGE, PALENGAAN PAMEKASAN)‎." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023): 101-109.

Hasis, Abdul. "IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR‎ BRINGKONING DESA TLAGAH KECAMATAN BANYUATES KABUPATEN‎ SAMPANG." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023): 132-140.

Komariyah, Nurul dan Aang Kunaifi, Pengaruh Pendayagunaan Zakat, Infaq Dan Shadaqah Produktif Terhadap Pengurangan Angka Kemiskinan (Studi Pada Lazis Muhammadiyah Pamekasan), 6, No. 2 (December 2020): 4.

P. PARDOMUAN SIREGAR, Pertumbuhan Ekonomi Dan Kesejahteraan Dalam Perspektif Islam, Jurnal Bisnis Net, Vol. 1 No. 1 Januari 2018

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Syarat Dan Tata Cara Penghitungan Zakat Mal Dan Zakat Fitrah Serta Pendayagunaan Zakat Untuk Usaha Produktif.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Syarat Dan Tata Cara Penghitungan Zakat Mal Dan Zakat Fitrah.

Permata, Nur Intan, and Ahmad Fauzan. "ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA MASARAN BANYUATES TERHADAP‎ KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023): 90-100.

Ramin, Moh. "Analisis Manajemen Risiko Pada Pembiayaan Rahan Di BMT NU Cabang Ketapang." Islamic Economics And Finance Journal 1.1 (2022): 35-41.

Ridho, Hilmi & Abdul Wasil, Zakat Produktif (Malang: Literasi Nusantara, 2020), 38.

Ruslan, Mohammad. "Analisis Sistem Keuangan Santri Putra Pondok Pesantren Banyuanyar Potoan Daya‎ Palengaan Pamekasan." Islamic Economics And Finance Journal 1.1 (2022): 42-58.

Wahab, Abdul. Kesejahteraan Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Volume 5, No. 1, 2020,101-113.

Zalikha, Siti. Pendistribusian Zakat Produktif Dalam Perspektif Islam, Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA, Vol. 15. No. 2, Februari 2016, hal, 308.

Published
2024-07-02
How to Cite
Hasyim, I., & Iwan Wahyudi. (2024). IMPLEMENTASI PENERAPAN ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP KESEJAHTERAAN MUSTAHIK DI LEMBAGA (LAZISMU) PAMEKASAN. Islamic Economics And Finance Journal , 2(2), 55-63. https://doi.org/10.62005/iseco.v2i2.98
Section
Articles