ANALISIS ETIKA PRODUKSI ISLAMI: TINJAUAN PRINSIP-PRINSIP DAN PRAKTIK PRODUKSI BERDASARKAN NILAI-NILAI ISLAMI

  • Zainol Fata Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuanyar
Keywords: Etika, produksi, Nilai-Nilai Islam

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis produksi Islami dengan fokus pembahasan yaitu analisis prinsip prinsip etika produksi dan etika produksi berdasarkan nilai keIslaman dengan tujuan penulisan yaitu ingin mengetahui prinsip prinsip etika produksi dan etika produksi berdasarkan nilai keIslaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pustaka atau library research. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prinsip etika produksi dalam Islam yakni:  Pertama manusia memiliki tugas yang mulia di muka bumi yaitu  sebagai khalifah Allah SWT,  Kedua, dalam pandangan Islam, kemajuan di bidang produksi merupakan hal yang sangat dianjurkan, Ketiga, dalam Islam, teknik dan metode produksi diserahkan kepada keinginan dan kemampuan manusia untuk mengembangkannya, Keempat, dalam pandangan Islam, ketika melakukan inovasi dan eksperimen, prinsip dasar yang dipegang adalah preferensi terhadap kemudahan, penghindaran terhadap hal-hal yang membahayakan, serta upaya memaksimalkan manfaat Sedangkan etika produksi berdasarkan nilai keIslaman yaitu terdapat tiga nilai utama yang menjadi landasan bagi pengembangan nilai-nilai yang relevan dengan kegiatan produksi. Nilai-nilai tersebut adalah konsep khalifah (pemimpin), adil, dan takaful (jaminan sosial).

References

Akbar Wardiana, Taufiq “Etika Produksi Dalam Islam Ditinjau Dari Aksiologi Filsafat Ilmu.” Tijarah, No. 2, Vol. 2, (2023).

Arifin, Futuhal, and Chairul Imam. "ANALISIS MANAJEMEN HOME INDUSTRI DALAM MENSEJAHTERAKAN‎ EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KETAPANG BARAT KECAMATAN‎ KETAPANG KABUPATEN SAMPANG (STUDI KASUS: HOME INDUSTRY‎ PISANG CAVENDISH)‎." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023): 119-131.

Darmawati. Etika Bisnis Islam. Palembang: Bening media Publishing, (2023).

Fahroni, Amiliya. "STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN IKAN‎ TERI PADA PT. MARINAL INDOPRIMA KABUPATEN SUMENEP‎." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023): 71-89.

Hasis, Abdul. "IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR‎ BRINGKONING DESA TLAGAH KECAMATAN BANYUATES KABUPATEN‎ SAMPANG." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023): 132-140.

Idri. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. Jakarta: Lintas Pustaka Publisher, 2021.

Iltizam, Muhammad Fahrul, and Danif. “Penerapan Konsep Etika Bisnis Islam Pada Manajemen Perhotelan Di PT. Syariah Guest House Malang.” Malia, No. 2, Vol. 7, (2016).

Iswanto, Bambang. Pengantar Ekonomi Islam. Depok: PT Raja Grafindo Persada, (2023).

Kamal Zubairi, Muhammad. Etika Bisnis. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2020.

Mega, Silvia, Yadi Janwari, and Ari Yunus Rusyana. “Konsep Etika Produksi Menurut Pemikiran Muhammad Nejatullah Siddiqi.” JURNAL PAPATUNG, No. 1, Vol. 5, 2020.

Permata, Nur Intan, and Ahmad Fauzan. "ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA MASARAN BANYUATES TERHADAP‎ KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023): 90-100.

Rosyida, A. Analisis Etika Bisnis Islam dalam Jual Beli Kosmetik di Toko Claeriza Online Shop Kabupaten Ngawi (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo), (2020).

Ruslang, R., Kara, M., & Wahab, A. Etika Bisnis E-Commerce Shopee Berdasarkan Maqashid Syariah Dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis. Junal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), (2020), 665-674.

Sri Yuniari, Vina. Ekonomi Mikro Syariah. Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Sudarsono, Heni. Konsep Ekonomi Islam: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Ekonisia, 2007.

Try Astuti, An Ras. Etika Bisnis Islam (Kasus-Kasus Kontemporer). Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2022.

Sari, D. C. STRATEGI E-MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BUSANA MUSLIM PERPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA BUSANA MUSLIM NAISHA) (Doctoral dissertation. Universitas Islam Indonesia), (2020).

Published
2024-07-02
How to Cite
Fata, Z. (2024). ANALISIS ETIKA PRODUKSI ISLAMI: TINJAUAN PRINSIP-PRINSIP DAN PRAKTIK PRODUKSI BERDASARKAN NILAI-NILAI ISLAMI. Islamic Economics And Finance Journal , 2(2), 75-86. https://doi.org/10.62005/iseco.v2i2.90
Section
Articles