Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Pemasaran Pada Swalayan KOIM MWR di Ketapang Sampang Kecamatan Ketapang
Abstract
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif yang bertujuan untuk membuat gambar atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, dari pengumpulan data, penafsiran pada tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Swalayan KOIM memiliki kekuatan produk, sumber daya, manajemen, keuntungan, permodalan, dan jalinan kerjasama yang baik. Kelemahannya adalah kurangnya ketegasan, tenaga ahli, teknologi, pesaing, dan promosi. Peluangnya meliputi lokasi strategis,, kerjasama, dan kepercayaan konsumen. Sedangkan ancamannya adalah banyaknya pesaing yang lebih mempuni dalam strategi dan operasional pesaing yang lebih mumpuni.
References
Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif, Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara 2015.
Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1999.
Freddy Rangkuti, Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama ,2014.
Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta : Prehallindo, 2008.
Suwarsono dan Lukia Zuraida, Manajemen Pemasaran Global. Yogyakarta: Unit Penerbitan dan Percetakan AMP YKPN, 2012.
Reca Elyarni dan Hermanto, Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP, Jurnal Metris, (Oktober 2016), http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/metris/article/view/471/383, diakses pada 27 Agustus 2021.
Titik Sartika, Abd. Rachman, Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan koperasi. Ghalia Indonesia, 2004.
- Semua artikel yang termuat dalam Islamic Economics and Finance Islam dilindungi oleh Undang-Undang dan dilarang mengutip atau mengkopi artikel untuk kepentingan komersial tanpa persetujuan editor jurnal .
- Jika anda menemukan beberapa artikel yang diterbitkan di Islamic Economics and Finance Islam yang berpotensi melanggar hak cipta, silahkan bisa menghungi kami melalui kontak yang tersedia.
- Aspek hukum dan legal formal artikel di Islamic Economics and Finance Islam terlisensi oleh
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi yang termuah di Islamic Economics and Finance Islam bersifat akademis, sehingga pengelola Islamic Economics and Finance Islam tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat dari penyalahgunaan informasi dari jurnal ini.