PENGARUH LABEL HALAL, BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MIE GACOAN (STUDI KASUS GENERASI Z DI CIREBON)

  • Dikky Nur Hidayat Dikky Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Putri Adinda Sari Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Ega Triyana Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Muhammad Fajar Gunawan Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Label Halal; Persepsi Harga; Brand Image; Loyalitas

Abstract

Loyalitas pelanggan adalah suatu kepuasan yang dirasakan oleh konsumen sehingga terbentuk komitmen untuk membeli kembali produk tersebut. Terbentuknya loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana label halal, persepsi harga, dan brand image  mempengaruhi loyalitas pelanggan Mie Gacoan di kalangan generasi Z di Cirebon. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research. Penelitian ini berlokasi di Cirebon. Populasi penelitian ini merupakan Generasi Z Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal tidak mempengaruhi loyalitas pelanggan, tetapi persepsi harga dan brand image mempengaruhi loyalitas pelanggan Mie Gacoan di kalangan generasi Z di Cirebon. Secara simultan, label halal, persepsi harga, dan brand image berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Generasi Z pada Mie Gacoan di Cirebon.

Author Biographies

Putri Adinda Sari, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Sebagai mahasiswi di Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Ega Triyana, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Sebagai mahasiswi di Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Muhammad Fajar Gunawan , Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Sebagai mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

References

Bahrudin, Muhammad , and Siti Zuhro.. "PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN." BISNIS, Vol. 3, No. 1 (2015): 1-17.

Codrington, Graeme , and Sue Grant Marshall. Mind the gap. Rosebank: Penguin Books, 2004.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon. "data.cirebonkota.go.id." Restoran dan Oleh-Oleh. July 21, 2020. https://data.cirebonkota.go.id/dataset/d944e989-ad0d-5446-a825-a1e636f19593/dokumen/d6e9f71b-5803-56d8-a46f-09d3e051492b.

Fahroni, Amiliya. "STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN IKAN‎ TERI PADA PT. MARINAL INDOPRIMA KABUPATEN SUMENEP‎." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023): 71-89.

Fata, Zainol. "IMPLEMENTATION OF ISTISNAK CONTRACT IN HOUSEHOLD EQUIPMENT‎ BUYING TRANSACTIONS (CASE STUDY OF FURNITURE ENTREPRENEURS IN‎ POTOAN DAYA VILLAGE, PALENGAAN PAMEKASAN)‎." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023): 101-109.

Global Islamic Economy Report. Global Islamic Economy Report 2020/2021. DinarStandard.

Heri Erlangga, Denok Sunarsi, Ridwan Faroji, Rofiq Noorman, and Wayan Ardani. "PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TIKI DI WILAYAH DEPOK JAWA BARAT." JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, (2023): 59-71.

Kolinug, Mawar S., Lisbeth Mananeke, and Jeffry L.A. Tampenawas. "THE EFFECT OF AMBASSADOR BRAND AND BRAND IMAGE ON REVLON COSMETIC PURCHASE DECISION (CASE STUDY ON SAM RATULANGI UNIVERSITY STUDENTS)." Jurnal EMBA, (2023): 101-111.

Mardalis, Ahmad. "MERAIH LOYALITAS PELANGGAN." BENEFIT, Vol. 9, No. 2, (2005): 111-119.

Mie Gacoan. https://www.miegacoan.com/, 2023.

Muhtarom , Abid, Muhamad Imam Syairozi, and Lovi Hesty Yonita. "Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Umkm Skck)." Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, (2022): 391–402.

Nurliyanti, Anestesia Arnis Susanti, and Baruna Hadibrata. "PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (LITERATURE REVIEW STRATEGI MARKETING MANAJEMENT)." Jurnal Ilmu Hukum Humaniora dan Politik, (2022): 224-232.

Pantow, Kifly Ezra, Silvya L. Mandey, and Maria V. J. Tielung. "THE EFFECT OF PRODUCT IMAGE AND PRICE ON PRECIOUS METALS CUSTOMER LOYALTY AT PT. PEGADAIAN UPC TINGKULU." Jurnal EMBA, (2023): 798-808.

Pasaribu, Aisyah Fitri, and Purnama Ramadani Silalahi. "Pengaruh Brand image dan Brand Awareness Terhadap Pembeli di Market Place (Studi Kasus pada Aplikasi Shopee)." Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), (2022): 187-195.

Prasasti, Cindy Ayu , and Marlina Ekawaty. "THE EFFECT OF HALAL LABEL, INCOME, PRODUCT PRICES, AND RELIGIOSITY ON THE PURCHASE DECISION OF HAND BODY LOTION COSMETIC PRODUCTS (A STUDY OF MUSLIM UNIVERSITY STUDENT IN MALANG CITY)." Jurnal Syarikah, (2022): 140-155.

Prayogi, Jesica Apolia, Rino Rinaldo, and Elvia Fardiana.. "PENGARUH TERPAAN IKLAN PROMOSI SHOPEE ‘FLASH SALE’ DI TELEVISI DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE." Jurnal Ilmiah Multidisiplin, (2022): 32-41.

Putri, Tamara Virsa , and Sri Setyo Iriani. "PENGARUH GAYA HIDUP KONSUMTIF DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MAKANAN KEKINIAN MAHASISWA URBAN SURABAYA." Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 8 Nomor 4, (2022): 1417-1428.

Riandini, Rahmah, and Herlina Budiono. "PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, KUALITAS PRODUK, PERSEPSI KEWAJARAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN VANS." Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, (2023): 202-211.

Riani, Oppy, Gatot Wijayanto, and Rosyetti. "The Influence Of Brand image And Celebrity Endorser On Brand Loyalty And Repurchase Intention Of Maybelline Product Consumers In Pekanbaru City." Management Studies and Entrepreneurship Journal, (2023): 104-116.

Ramin, Moh. "Analisis Manajemen Risiko Pada Pembiayaan Rahan Di BMT NU Cabang Ketapang." Islamic Economics And Finance Journal 1.1 (2022): 35-41.

Rozjiqin, M. Fahrul, and Ahmad Ajib Ridlwan. "halal Pengaruh Label Halal, Harga, dan Brand image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Starbucks." Journal of Economics and Business Aseanomics, (2022): 060-077.

Samsuri. "PENGARUH LABEL HALAL, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MIE SEDAAP PADA KONSUMEN TOKO BASMALAH CABANG MUNCAR ." RIBHUNA : Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, (2022): 21-32.

Sholiha, Widiatus, M. Ridwan Basalamah, and Ita Athia. "Pengaruh Label Halal, Brand image, Kualitas Produk, Dan Jasa Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu (Studi Pada Ibu-ibu di Desa Lesanpuro)." e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, (2021): 31-48.

Siaputra, Hanjaya , Natalia Chealsea, and Michelle Angela. "PENGARUH KONSUMSI MAKANAN GENERASI Z TERHADAP NIAT UNTUK PENGURANGAN LIMBAH MAKANAN RESTORAN DI SURABAYA." Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol. 8, No. 1, (2020): 14-25.

Siregar, Ade Perdana, and dkk. "The Role Of Product Price And Brand image On Purchase Decision Of Cold Pressed Juice Re.Juve Product." Management Studies and Entrepreneurship Journal, (2022): 2657-2665.

Siswanto, Tito , and Asriyal. "ANALISIS PERBEDAAN TINDAKAN SWAFOTO (SELFIE) DAN KEPUASAN KONSUMEN GENERASI X DAN GENERASI Z PADA RESTORAN DI TANGERANG SELATAN." Jurnal Liquidity Vol. 8, No. 2, (2019): 91-97.

WafiFakhrial, Moch , Permana Agung, and Mohammad Riza Pahlevi. "EXPERIENTIAL MARKETINGSEBAGAI STRATEGI MENCIPTAKAN LOYALITASGENERASI ZPADA OSING DELES CAFÉ AND RESTO BANYUWANGI." JURNAL JEMPPER, Vol.2 No. 1, (2023): 492-502.

Wardhani, Widya Rizqi Kusuma , Rois Arifin, and Andi Normaladewi. "Pengaruh Beauty Vlogger, Brand image, Harga dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Make Over Pada Toko Kosmetik Arum Beauty Shop Lawang." e – Jurnal Riset Manajemen, (2019): 325-340.

Welsa, Henny , Putri Dwi Cahyani, and Riyana. "The effect of experiential marketing and brand image on consumer loyalty with customer satisfaction as an intervening variable." FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, (2022): 433-445.

Wiska, Mayroza, Nurdiana, and Dini Elida Putri. "PENGARUH GAYA HIDUP, LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING (STUDI KASUS SISWI SLTA DI KECAMATAN SUNGAI RUMBAI)." Jurnal Manajemen Dewantara, (2023): 225-235.

Yunus, Muhammad. "Tinjauan Ekonomi Islam Dalam Praktek Sewa Menyewa Ruko Dipasar‎ Tradisional Ketapang Sampang." Islamic Economics And Finance Journal 1.1 (2022): 11-18.

Published
2024-07-02
How to Cite
Dikky, D. N. H., Putri Adinda Sari, Ega Triyana, & Muhammad Fajar Gunawan. (2024). PENGARUH LABEL HALAL, BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MIE GACOAN (STUDI KASUS GENERASI Z DI CIREBON). Islamic Economics And Finance Journal , 2(2), 64-74. https://doi.org/10.62005/iseco.v2i2.75
Section
Articles