PELUANG BISNIS ONLINE SHOP DI ERA DIGITAL BAGI MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NAZHATUT THULLAB SAMPANG

  • Nasrul Hadi Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
Keywords: Peluang Bisnis, Online Shop, Era Digital, Mahasiswa

Abstract

Tidak dapat dipungkiri, era digital saat ini melaju melebihi perkiraan manusia. Hal ini sangat berdampak kepada dunia usaha yang cukup signifikan. Dulu mayoritas masyarakat terkendala biaya modal untuk tempat dan bahan yang tidak sedikit. Namun setelah perkembangan teknologi cukup pesat yang dimanfaatkan dengan baik, maka hanya butuh kepercayaan diri dan menguasai cara komunikasi baik kepada pembeli melalui media sosial seperti Shopee, Lazada, Tiktok Shop dan platform lainnya. Tentunya hal itu menjadi peluang emas bagi generasi muda untuk membangun bisnis dengan baik pada semua platform digital. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai peluang bisnis Online Shop melalui perangkat digital bagi mahasiswa IAI Nata secara khusus, dan masyarakat umum untuk menumbuhkan inovasi dan inisiatif dalam dunia usaha. Penelitian menggunakan metode Kualitatif Fenomenologis, dengan tujuan memahami peristiwa dan perilaku dalam kondisi tertentu. Hasil penelitian menunjukkan platform digital memberikan ruang bagi masyarakat untuk membangun usaha secara mandiri. Beberapa rekomendasi hal yang harus dimiliki mahasiswa yaitu: kompetensi wirausaha, kecakapan komunikasi dan melek media. Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi yakni persaingan ketat, disiplin memperbaharui pengetahuan, privasi pelanggan, perilaku konsumen dengan cerdas, lalu regulasi pemerintah yang sering berubah, pengembangan kompetensi wirausaha, pengembangan komunikasi dalam berwirausaha, pemahaman algoritma media social dan peningkatan kemampuan wirausaha menjadi bekal generasi muda dalam wirausaha berbasis digital.

References

Arifin, Futuhal, and Chairul Imam. "ANALISIS MANAJEMEN HOME INDUSTRI DALAM MENSEJAHTERAKAN‎ EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KETAPANG BARAT KECAMATAN‎ KETAPANG KABUPATEN SAMPANG (STUDI KASUS: HOME INDUSTRY‎ PISANG CAVENDISH)‎." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023).

Hamidah, Q. R., Sejati, A. T. P., & Mujahidah, A. Z. The Development of Small and Medium Businesses (MSMEs) Based on Technology to Deal with The Industrial Revolution 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(1), 345. https://doi.org/10.20961/shes.v2i1.38431, (2019).

Haris Faulidi Asnawi, Transaksi Bisnis E-Commerce Perspektif Islam (Yogyakarta: Magistra Insania Press bekerjasama dengan MSI UII, 2004.

Haris herdiansyah .Metodologi penelitian kualitatif, jakarta: Salemba, 2012.

Hasis, Abdul. "IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR‎ BRINGKONING DESA TLAGAH KECAMATAN BANYUATES KABUPATEN‎ SAMPANG." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023).

Istiani, N., & Islamy, A. Social Media Jurisprudence in Indonesia. Ash Syar'Iyyah: Journal of Sharia Science and Islamic Banking, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586, (2020).

Populist, E., & Reference, S. Research Organization for Governance, Economics and Community Welfare Research Center for Cooperatives, Corporations and People's Economics Reference Study DEFINITION AND MODEL OF UMKM UP CLASS (SCALING UP 1). 1–55. Moshinsky, M. (1959). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116. (2009).

Joko setiyono, dkk. Analisis Teks dan Konteks pada Iklan OPerator seluler (XL) dengan kartu As, URINAL PEDAGOGIA ISSN 2089-3833 Volume. 5, No. 2, Agustus 2016.

Karmelia, dkk. Peranan Teknologi Informasi dan Modal Insani Sebagai Keunggulan Bersaing. Majalah Ilmiah INFORMATiKA Vol. 1 No. 3 September 2010.

Kuswarno, Engkus. Fenomenologi. Bandung: Widya Padjadjaran, 2009.

Maryati, W., & Masriani, I. Peluang Bisnis Di Era Digital Bagi Generasi Muda Dalam Berwirausaha: Strategi Menguatkan Perekonomian. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 4(2), 125–130. https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.62, 2019.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana. Predana Media

Nasih, A. M., Sultoni, A., & Kholidah, L. N. Study of Social Media Content to Strengthen the Literacy of Moderate Islamic Da'wah for Teachers and Students in Islamic Boarding Schools. KARINOV Journal, (2020).

Permata, Nur Intan, and Ahmad Fauzan. "ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA MASARAN BANYUATES TERHADAP‎ KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023).

Rahmat, P. S. Qualitative Research. In Journal of Equilibrium: Vol. 5 No. 9(pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif, (2009).

sahlan sidraja, dkk. Penggunaan Teknologi dalam Mendorong Jiwa Berwirausaha di Era Society 5.0. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, PKM Volume 2 | Nomor 1 | April, 2023.

Sundari Cisilia. Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar, Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang Dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia, 555–563. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/2111, 2019.

TYAS, Carin Anggun; SIJABAT, Rauly. Studi Komparatif Komunikasi Bisnis Pada Wirausaha Pria Dan Wanita. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 2021.

Umam, M., & Rufaida, R, Motivasi Menabung Nasabah Melalui Sistem Service Jemput Bola di BMT NU. KABILAH : Journal of Social Community, 4(1), 29–37. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i1.3438, 2019.

Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Bab II, Pasal 3.

Wahyuni Trisna, N. M. S., & Fardani Zulkifli, F. Creative Business in the Digital Era by Leveraging Local Wisdom. Da Moda Journal, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.35886/damoda.v2i2.198 Widhianto, C. W. (2002). E – BUSINESS : TECHNOLOGY AND BUSINESS OPPORTUNITIES IN INDONESIA Background and Objectives. The WINNERS, 3(1), 19–31, (2021).

Published
2023-12-28
How to Cite
Hadi, N. (2023). PELUANG BISNIS ONLINE SHOP DI ERA DIGITAL BAGI MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NAZHATUT THULLAB SAMPANG. Islamic Economics And Finance Journal , 2(1), 10-17. https://doi.org/10.62005/iseco.v2i1.41
Section
Articles