PENGARUH PERSEPSI, MOTIVASI, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH PADA MASYARAKAT KABUPATEN SIDOARJO

  • Azmiel Habibatul Hazarillah Sekolah Tinggi Agama Islam An-najah Indonesia Mandiri
  • Norma Rosyidah Sekolah Tinggi Agama Islam An-najah Indonesia Mandiri
Keywords: Persepsi, Motivasi, Produk, Bank Syariah

Abstract

Indonesia memiliki dua sistem perbankan sejak tahun 1998. Dengan berjalannya waktu, pada bulan Desember 2003, MUI mengeluarkan fatwa terhadap bank-bank Islam baru seperti ICB, IBU, dan IPFB sehingga mulai mempengaruhi minat menabung pada bank Syariah. Penelitian ini menganalisis bagaimana persepsi, motivasi, dan pengetahuan produk mempengaruhi minat di bank-bank yang mematuhi Syariah di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan mengirimkan kuesioner ke klien bank yang mematuhi Syariah menggunakan google form serta salinan cetak dan dianalisis melalui SPSS untuk mengevaluasi data yang dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner. Berdasarkan tes validitas, semua item kuesioner, baik independen maupun non-independen yang digunakan dalam penelitian ini dengan 71 klien menunjukkan bahwa persepsi, motivasi, dan pengetahuan produk mempengaruhi motivasi pembuatan rekening bank Syariah.

References

Ahmadi, M. Pengembangan Dana Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf Terhadap Adiwarman A. Karim. Bank Islam: Analisis Fiqih Dan Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008.

Andespa, Roni. Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Syariah. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2017.

Andrianto dan Anang Firmansyah. Manajemen Bank Syariah (Implementasi, Teori, Dan Praktik). 1st ed. Penerbit Qiara Media, 2019.

Anggie Nurmalasari. Pengaruh Pengetahuan Dan Motivasi Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Perbankan Syariah An. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2019.

Chan, Arianis. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis 6, no. 1 (2010).

Eka Amelia. Pengaruh Persepsi Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah Pada Masyarakat Tembilahan Kota. Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin, 2021.

Kautsar Audytra Muhammad. Pengaruh Pengetahuan Warga Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Muamalat. UIN Syarif Hidayatullah, 2016.

Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. Essentials of Marketing. Boston: Cengage Learning, 2011.

Leon G. Schiffman. Perilaku Konsumen. Edisi tuju. Jakarta: JAKARTA INDEKS, 2008.

Meidisa, Claudia. Pengaruh Preferensi Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Nagari Unit Layanan Syariah Cabang Pasar Raya Padang. Jurnal Administrasi Bisnis 6, 21 (2008).

Oktaviani Nur Khazanah. Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Santri Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Skripsi: IAIN Purwokerto, 2021.

Otoritas Jasa Keuangan. Statistik Perbankan Syariah - Agustus 2021. 2021.

Pratama, M Arya, Norma Rosyidah dan Achmad Bagus Wani Bilhaq. Bank Profitability Analysis in Indonesia: Case On Syariah Bank. ICONIC: International Conference of Islamic Economics and Business Volume 2 No 1, 2023

Rosyidah, Norma dan Siti Nuraeni. Modernisasi Strategi Penghimpunan Dana Zakat, Infak Dan Sedekah (Studi Kasus Di Rumah Singgah Cariu). International Conference on Islamic Economic (ICIE) Volume 2 No 1 halaman 51-65, 2023.

Sugihartono, Siti Rohmah Nurhayati, dan Farida Harahap. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana, 1017.

Ujang Sumarwan. Teori Konsumen Dan Penerapannya. Edisi kedua. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Ummah, Rohmatul, Rio Kartika Supriatna, and Musa Hubeis. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah: Studi Kasus Mahasiswa FEBI INAIS Bogor. International Conference on Islamic Economic (ICIE), (2018).

Published
2023-12-28
How to Cite
Habibatul Hazarillah, A., & Rosyidah, N. (2023). PENGARUH PERSEPSI, MOTIVASI, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH PADA MASYARAKAT KABUPATEN SIDOARJO. Islamic Economics And Finance Journal , 2(1), 18-26. https://doi.org/10.62005/iseco.v2i1.37
Section
Articles