ANALISIS IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PERSAINGAN BISNIS PADA USAHA DAGANG (UD) H. NUR
Abstract
Bisnis adalah aktivitas yang harus dilakukan manusia, karena mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Dengan kata lain, manusia membutuhkan bantuan dari orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan dari orang lain. Seiring berjalannya waktu, pengusaha lain dengan kegiatan serupa muncul, menyebabkan persaingan. Persaingan yang membenarkan semua cara untuk mencapai keinginan seseorang, pengusaha akan menggunakan berbagai metode seperti penipuan dan tindakan terlarang untuk mencapai tujuan mereka. Namun, dalam Islam, kebebasan dalam persaingan bisnis harus tetap mematuhi batas-batas yang diizinkan. Pembatasan yang disebutkan di atas umumnya disebut sebagai etika. Dengan adanya etika dalam berbisnis, para pengusaha akan merasa aman dan dilindungi. Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang bagaimana prinsip-prinsip etika bisnis Islam diimplementasikan dalam menghadapi persaingan bisnis di usaha dagang (UD) H. Nur. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data deskriptif. Hasil analisis implementasi prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam menghadapi persaingan bisnis di bisnis perdagangan di (UD) H. Nur diperoleh bahwa (UD) H. Nur mematuhi standar etika dan mendorong semua orang untuk bertindak dengan integritas, mendorong rasa persaudaraan, perhatian sosial, penentuan harga jual, saling tawar menawar dengan konsumen dalam menentukan harga yang akan disepakati, sehingga melalui beberapa prinsip yang dilakukan dalam menjalankan aktivitas berbisnis (UD) H. Nur tidak merugikan orang lain.
References
Abdullah, M. Ma’ruf. Manajemen Bisnis Syariah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.
Abdurahim, Ahim. Ekonomi Dan Bisnis Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
Agustin, Hamd. Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Depok: Rajawali Press, 2017.
Ali Rusdi Bedong, Muhammad. Maslahat Dan Kaidahnya. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2020.
Arifin, Futuhal, and Chairul Imam. "ANALISIS MANAJEMEN HOME INDUSTRI DALAM MENSEJAHTERAKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KETAPANG BARAT KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN SAMPANG (STUDI KASUS: HOME INDUSTRY PISANG CAVENDISH)." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023).
Arifin, Johan, and Abdul Aziz. Etika Bisnis Islami. Semarang: Walisongo Press, 2009.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998.
Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Fadli Nasution, M. Irwan, Maidalena, and Rahmi Syahriza. Bisnis Dan Investasi Dalam Islam. Sumatera Utara: FEBI UINSU PRESS, 2015.
Hasis, Abdul. IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR BRINGKONING DESA TLAGAH KECAMATAN BANYUATES KABUPATEN SAMPANG. Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023).
Hidayat, Dany. Pencapaian Maslahah Melalui Etika Bisnis Islam Studi Kasus Restoran Mie Akhirat. Jurnal JESTT, No. 11, Vol. 2, 2015.
Kuncoro, Mudrajad. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga, 2005.
Masykura, Nihayatul. Etika Bisnis Islam. Banten: Media Karya Publishing, 2020.
Meyliana, S Kumalasari, Devi. Hukum Persaingan Usaha. Malang: Setara Press, 2013.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
Mujahidin, Akhmad. Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.
Permata, Nur Intan, and Ahmad Fauzan. "ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA MASARAN BANYUATES TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM." Islamic Economics And Finance Journal 1.2 (2023).
Purwanto, Eko. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Banyumas: Sasanti Institute, 2020.
Rinjin, Ketut. Etika Bisnis Dan Implikasinya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Rivai, Veithzal, and Andi Buchari. Islamic Economics. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Rosiyana, Leli. “Implementasi Etika Bisnis Islam Guna Membangun Bisnis Yang Islami.” Administrasi Bisnis, No. 1, Vo. 53, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Wati, Destiya, Suyu Arif, and Abristadevi. “Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Humaira Shop.” El-Mal Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, No. 1, Vol. 5, 2022.
Zainal, Veithzal Rivai. Islamic Marketing Management. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017.
Copyright (c) 2023 Zainol Fata
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Semua artikel yang termuat dalam Islamic Economics and Finance Islam dilindungi oleh Undang-Undang dan dilarang mengutip atau mengkopi artikel untuk kepentingan komersial tanpa persetujuan editor jurnal .
- Jika anda menemukan beberapa artikel yang diterbitkan di Islamic Economics and Finance Islam yang berpotensi melanggar hak cipta, silahkan bisa menghungi kami melalui kontak yang tersedia.
- Aspek hukum dan legal formal artikel di Islamic Economics and Finance Islam terlisensi oleh
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi yang termuah di Islamic Economics and Finance Islam bersifat akademis, sehingga pengelola Islamic Economics and Finance Islam tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat dari penyalahgunaan informasi dari jurnal ini.