STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA UNTUK MEMILIH PRODUK KSPPS AL-HASANAH DESA ENTALSEWU SIDOARJO

  • Lukman Hakim Sekolah Tinggi An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • Ali Hamdan Sekolah Tinggi An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
Keywords: Strategi Pemasaran, Produk, Minat anggota

Abstract

Banyaknya pertumbuhan lembaga keuangan di masyarakat menjadikan persaingan yang ketat terhadap jasa keuangan yang diperlukan masyarakat. Terjadinya persaingan yang ketat koperasi syariah harus menyusun strategi yang efektif agar menumbuhkan minat masyarakat dan kepercayaan akan jasa keuangan di masyarakat strategi promosi merupakan strategi yang penting dalam pengenalan produk koperasi syariah agar dapat dikenal oleh masyarakat. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi (mengamati kegiatan KSPPS Al-hasanah), wawancara (pengurus dan pengawas) dan dokumentasi (bukti pendukung yang di dapatkan di lapangan). Hasil penelitian menunjukan bahwa simpanan pokok, simpanan wajib, wadiah, wakaf, pembiayaan Ijarah multijasa dan murabahah telah sesuai dengan tuntunan fatwah DSN dan ekonomi islam dan pada pelaksanaanya tidak mengandung maisyir, gharar, haram, riba dan sebagainya. Strategi pemasaran yang dilakukan KSPPS Al-hasanah Entalsewu dalam meningkatkan minat anggota terhadap produknya strategi pemasaran konsep 7P (Produk, Promosi, Harga, Tempat, Proses, Orang, dan faktor pendukung) yang mana pada promosi sosialisasi dan edukasi berefektif terhadap peningkatan anggota yang mayoritas kurang akan pemahaman koperasi syariah dan produknya.

References

An-Nabiry, Fathul Bahri. Meniti Jalan Dakwah bekal Perjuangan Para Da’i. Jakarta: AMZAH, 2008.

AN Nabula. Apa Itu Marketing Mix? Mengenal Konsep 4P dan 7P. SMEsta, https://smesta.kemenkopukm.go.id/apa-itu-marketing-mix-mengenal-konsep-4p-dan-7p/, diakses 12 Februari 2023.

Arif Hidayat. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Nasabah Dalam Memilih Produk Bmt Mandiri Abadi Syariah. Jogjakarta: Adimapress, 2018.

Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Nitisusastro, 2013.

Berbagi Ilmu Belajar Ilmu Ekonomi Islam, https: ekonomi Islam.2017. pengertian-lembaga-keungan-syariah-dalam-sistem-ekonomi-islam. diakses 12 desember 2022.

Burhanuddin Susamto. Koperasi syariah dan pengaturannya di Indonesia. Malang: UIN-Maliki Press), 3, 2013.

Christine & Wiwik Budiawan. Analisis Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Sudi Pada House Of moo Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro, 2018.

Dewi Agustiya Ningsih dan Ani Hayatul Masruroh. Analisis Perbandingan Sistem Pemberian Kredit Pada Koperasi Syariah Dan Koperasi Konvensional. (Jurnal peta 3, no. 1) 12, 2018.

Dimas Hendika Wibowo dan Zainul Arifin. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 29, 60, 2015.

Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Jawa Timur, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, https://diskopukm.jatimprov.go.id/info/avatar_diskopukm.jpg. diakses 31 Mei 2023.

Fitriani, Fitriani. Minat Menabung Masyarakat Pada Koperasi Syariah dan BRI Konvensional di Singki Kabupaten Enrekang. Jurnal Undergraduate, IAIN Parepare, 2019.

H. Hendi Suhendi. Fiqih Muamalah. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Hezeri, Render. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Imam Wahyudi. Strategi Koperasi Syariah Dalam Menarik Minat Nasabah, jurnal Akademika 13, no. 02, 7, 2019.

Industri Keuangan Non-Bank Syariah Di Indonesia, Industri Keuangan Non-Bank Syariah di Indonesia, https://www.icdx.co.id/news-detail/:category?/:slug?

diakses 22 Mei 2023.

Al Hikmah. Koperasi Dalam Islam. Stid Di Al-Hikmah, Jakarta: Alhikmah press, 2011,

Kotler & Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2009.

Lupiyoadi. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori Praktik. Jakarta: Salemba Empat Press, 2006.

Mulyadi. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Nurul Arifka: Penerapan Strategi Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Sambel Layah Arcawinangun, Purwokerto: Journal Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2021.

Nurul Huda, Muhammad Heykal. Lembaga Keuangan Islam Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Rosyidah, Norma. Peningkatan Kapasitas Financial Reports KSPPS Az-Zahra Wonoayu Sidoarjo Melalui Pendekatan Community Based Research. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement Volume 3 halaman 355-366, 2022.

Savitri, Fania Mutiara. Strategi Manajemen Bisnis Henry Mintzberg Pasca Pandemi Covid-19 (Pendekatan Pembelajaran Sosial di Toko Ali Murah Madinah), Jurnal Internasional Pembelajaran Sosial, 2010.

Soemitra, Andi. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana, 2010.

Sofjan Assauri, M.B.A. Manjemen Pemasaran. Jakarta: Rajagrafin

Published
2023-12-28
How to Cite
Hakim, L., & Hamdan, A. (2023). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA UNTUK MEMILIH PRODUK KSPPS AL-HASANAH DESA ENTALSEWU SIDOARJO. Islamic Economics And Finance Journal , 2(1), 37-47. https://doi.org/10.62005/iseco.v2i1.35
Section
Articles