EKSISTENSI PELAKU UMKM BATIK: LIFE STORY PEMBAKTIK DESA BANJAR BANYUWANGI

  • Atho’ilah Aly Najamudin Institut Agama Islam Ibrahimy, Genteng Banyuwangi
  • Mohammad Iqbal Institut Agama Islam Ibrahimy, Genteng Banyuwangi
Keywords: Batik Banjarwangi, UMKM, Pemberdayaan Sosial

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengamatan etnografis tentang aktivitas pelaku UMKM Batik di Desa Banjar, Kecamatan Licin, Banyuwangi. UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah selalu dihadapkan tantangan kompetisi antara produk. Batik merupakan komoditas yang melambangkan identitas daerah. Naiknya Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi menjadi penyebab UMKM Batik bergeliat. UMKM Batik Banjarwangi memulai memproduksi sejak tahun 2014, hingga saat ini.  Dari waktu ke waktu pengusaha batik Banjarwangi terus menghadapi gerilya permintaan dari dalam kota hingga luar kota. Strategi penjualan secara konvensional, online hingga melalui pameran, dan event festival. Melalui deskripsi tentang Pelaku UMKM Batik Banjarwangi bahwa eksistensi UMKM dalam meningkatkan taraf hidup kesejahteraan, pemberdayaan masyarakat dan menjaga kesinambungan usaha.

References

Arianto, (n.d). Manajemen Sumber Daya Manusia (konsep, teori dan pengembangan dalam konteks organisasi publik). Yogyakarta. Graha Ilmu, 2013.

Cahyono, D. A.D. Kewirausahaan (Penanaman Jiwa Kewirausahaan). Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Chambers, Robert. Poverty and livelihoods: Whose reality counts. Journal Environment and Urbanization 7.1, 173-204, 1995.

Denzin, Norman K. Interpretive Biography. Newbury Park, London, New Delhi: Sage Publication Inc, (1989).

Hill, Hal. “Small and Medium Enterprises In Indonesia: Old Policy Challenges for a New Administration.” Asian Survey XLI, No. 2 (April 2001): 248-270, (2001).

Moeleng, L. J. Dalam: Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, (2007).

Najamudin. Observasi. UMKM Banjarwangi [Personal communication], September, 2022.

Rahardjo, P. Hubungan Karakteristik Individu Dengan Keputusan Menjadi Wirausaha Baru Di Purwokerto (Studi Tentang Alternatif Karir Lulusan Pt). Psycho Idea, 72–87, (2010).

Samsudin. Wawancara UMKM Banjarwangi [Personal communication], September, 2022.

santosa, Imam, and Rawuh Edy Priyono. (n.d.). Diseminasi model pemberdayaan masyarakat desa melalui pengelolaan agrowisata. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan 28.2 (2012).

Spradley, J. P. The ethnographic interview. Waveland Press, (2016).

Yan Riyanto; Budi Triyono dan Chichi Shintia Laksani. Studi faktor-faktor determinan kemampuan inovasi UKM. LIPI press, Jakarta, (2006).

Mutmainah, Isbandriyati; Irmawati; Rumna, 2015, Pengembangan Model Strategi Bersaing UKM Batik Surakarta Berbasis Competitive Advantage, Penelitian Hibah Bersaing tahun ke 1, Perpustakaan Universitas Nusa Bangsa

Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Novandari, Weni. Pemetaan dan Analisis Kompetensi Inti UKM Batik di Kabupaten Purbalingga dengan Pendekatan Value Chain, Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 12. Nomor 01, Maret 2013.

Novandari, Weni. Pemetaan dan Analisis Kompetensi Inti UKM Batik di Kabupaten Purbalingga dengan Pendekatan Value Chain, Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 12. Nomor 01, Maret 2013.

Sulistyorini, Utami. Model Peningkatan Kinerja Produk Ekspor UKM Batik Surakarta Melalui Pembangunan Modal Sosial dan Daya Inovasi, Jurnal Aministrasi Bisnis, Volume 14 Nomor X Agustus, 2013.

Suliyanto. “Pengembangan Ekonomi Lokal Batik Tegalan: Pendekatan Swot Analisis Dan General Electrics”. Jurnal Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, 2010.

Published
2023-12-28
How to Cite
Aly Najamudin, A., & Iqbal, M. (2023). EKSISTENSI PELAKU UMKM BATIK: LIFE STORY PEMBAKTIK DESA BANJAR BANYUWANGI. Islamic Economics And Finance Journal , 2(1), 48-54. https://doi.org/10.62005/iseco.v2i1.33
Section
Articles