ANALISIS MANAJEMEN HOME INDUSTRI DALAM MENSEJAHTERAKAN ‎EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KETAPANG BARAT KECAMATAN ‎KETAPANG KABUPATEN SAMPANG (STUDI KASUS : HOME INDUSTRY ‎PISANG CAVENDISH)‎

  • Futuhal Arifin IAI NATA Sampang‎
  • Chairul Imam STAI Muafi Sampang
Keywords: Manajemen, Home Industry, Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat

Abstract

Adanya home industri pisang cavendish di ketapang barat serta manajemen yang diterapkan menjadikan sebagai lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar dan peluang kerja yang sangat menguntungkan bagi setiap orang yang bergabung bisnis pisang cavendish, dengan fasilitas adanya pendampingan dan jaminan pemasaran. faktor penghambat manajemen home industri pisang cavendish yaitu jenis virus baru pada akar yang berakibat buruk pada proses pertumbuhan pisang (bibitnya atau bahkan pisang yang sudah dewasa) saat ini masih belum menemukan pengendali yang lebih efektif untuk mencegah pertumbuhan virus baru pada akar, maka perlu adanya pengembangan pupuk atau obat yang tepat. Selanjutnya kurangnya pemahaman kandungan pupuk dengan tanah, maka perlu adanya pemberdayaan yang lebih terorganisir kepada semua pengelola dan karyawan lapangan yang berupa pemberdayaan pelatihan ini dapat membantu pekerjaan lebih mudah, produksi lebih bagus dan sistem kerja lebih baik. Faktor pendukungnya home industri pisang cavendish memiliki target pasar yang luas dari mulai ekspor ke china dan arab yang bekerja sama dengan banana express.

References

Andri, Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol. 2, No. 3, 2020).

Aziz, Abdul & Nasila, Umi Owner (pemodal penuh) home industry pisang cavandis, Wawancara Langsung (tanggal 01, April -2022).

David Hizkia Tobing dan Yohanes Kartika Herdiyanto, Metode Penelitian Kualitatif, (Denpasar: t.p., 2016).

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Surah AL-A’raf: ayat 10), 2011.

Gita Rosalita armelia dan anita Damayanti “Peran PTPN VII Dalam Pemberdayaan Home industriKeripik Pisang (studi Pada Home Industri Keripik Pisang Mitra Binaan PTPN Vii Lampung, 2020).

Lincolin arsyad, Pembangunan Ekonomi, (Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011)

Lexy. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya: 2011).

Nanang fatah, Landasan Manajemen Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2008).

Owner (pemodal penuh) home industry pisang cavendish, Wawancara Langsung (tanggal 01, April -2022).

Zuhri, S Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol. 2, No. 3, 2011.

Harahap, Sofyan S. Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam, (Jakarta: Salemba Empat, 2011).

Dharma, Surya. Manajemen Kinerja, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013).

Mulyono, Sri. Institut Darul Quran Pengantar Manajemen, (Cijerah Kota Bandung: Din Wahyudi, 2015).

Tantowi. Unsur – Unsur Manajemen Menurut Ajaran Al-Qur’an. (Jakarta: Pustaka Al Husna. 1983).

Published
2023-06-01
How to Cite
Arifin, F., & Imam, C. (2023). ANALISIS MANAJEMEN HOME INDUSTRI DALAM MENSEJAHTERAKAN ‎EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KETAPANG BARAT KECAMATAN ‎KETAPANG KABUPATEN SAMPANG (STUDI KASUS : HOME INDUSTRY ‎PISANG CAVENDISH)‎. Islamic Economics And Finance Journal , 1(2), 119-131. https://doi.org/10.62005/iseco.v1i2.31
Section
Articles