Analisis Penanganan Kolektibilitas Pembiayaan Akad Mudharabah Di BMT NU Cabang ‎Robatal

  • rismanto stai muafi sampang
  • Susilawati STAI Muafi Sampang

Abstract

Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang kegiatannya menghimpun dana dari anggota atau calon anggota untuk disimpan dan disalurkan dalam bentuk pembiayaan syariah kepada sektor ekonomi yang halal dan menguntungkan khususnya usaha-usaha kecil, kecil kebawah, dan mikro. Penelitian lapangan adalah untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan suatu unit sosial, individu, kelompok, lembaga atau masyarakat. Oleh karenanya, Penangan kolektabilitas pembiayaan akad mudharabah yaitu dengan cara menetapkan konvenan dengan mengadakan monitoring. adapun monitoring tersebut yaitu pertama  itu dengan cara ditelfon kepada mitra yang meminjam uang,  yang kedua dengan cara berkunjungan  kepada mitra jika mitra tetap tidak mau membayar makajaminan yang ada dipihak BMT maka akan diambil.

References

Fuad Riyadi Sri Lestari, “Analisis Implementasi Penanganan Pembiayaan Mudharabah Di ‎KSPPS BMT” Jurnal STAIS Kudus, Vol. 5 No. 2 (Desember 2017).

H. Moh Pobundu Tika, Metodelogi Riset Bisnis, cet pertama (Jakarta: Bumi Aksara, 2006).

Fuad riyadi & Sri puji lestari,“analisis implementasi penanganan pembiayaan mudharabah ‎bermasalah di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Mijen Kudus ”Jurnal UIN ‎Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol. 5 No. 2 (Desember 2017).

Ikatan Bankir Indonesia , “Bisnis Kredit Perbankan” (Jakarta: 2018).

Sitti Saleha Madjid, “Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Syariah” Jurnal UIN ‎Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol. 2 No. 2 (Desember 2018).

Saleha Madjid, “Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Syariah” Jurnal UIN ‎Syarifah Hidayatullah Jakarta, Vol. 2 No. 2 ( Desember 2018).

Siti khotijeh, Pengelola Lazisma BMT NU Cabang Robatal, wawancara Lewat whatshap, 27 ‎Maret 2022‎.

Viola Nurahma Putri, Bayu Arie Fianto, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat ‎Kolektibilitas Pembiayaan Pada KSPPS Muamalah Berkah Dan KPRI Usaha Kita Di ‎Surabaya” Jurnal Universitas Airlangga, Vol. 6, No. 10,(Oktober 2019).

Published
2022-12-05
How to Cite
rismanto, & Susilawati. (2022). Analisis Penanganan Kolektibilitas Pembiayaan Akad Mudharabah Di BMT NU Cabang ‎Robatal. Islamic Economics And Finance Journal , 1(1), 1-10. https://doi.org/10.62005/iseco.v1i1.3
Section
Articles